Monday, 24/9/2018 | 5:27 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Beberapa Masalah pada Kopling dan Cara Mengatasinya

Beberapa Masalah pada Kopling dan Cara Mengatasinya

 

 

 

Otolibs.com – Pada beberapa jenis kendaraan bermotor, serdapat yang namanya kopling. Komponen ini menjadi hal penting yang membantu kinerja dari kendaraan bermotor. Kopling ini terdapat pada mobil dan juga motor, kecuali pada jenis mobil matic. Yang akan dibahas kali ini adalah kopling yang terdapat pada mobil. Kopling sendiri berfungsi sebagai pemisah aliran powertain dari mesin ke transmisi. Meski begitu, kopling ini juga tetaplah memiliki kekurangan. Mengalami beberapa masalah pada kopling dan cara mengatasinya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selain sebagai pemisah aliran powertain, kopling juga berguna sebagai alat yang memudahkan mobil bergerak dengan lembut saat awal mobil berjalan. Kopling ini terdiri dari beberapa komponen, di antaranya ada bantalan pegas yang berfungsi untuk memperlembut kinerja dari kopling. Jika kopling pada mobil Anda tidak mendapatkan perawatan secara rutin atau usia kopling itu sendiri sudah cukup lama, maka akan terjadi beberapa masalah. Berikut ini ada penjelasan mengenai beberapa masalah pada kopling dan cara mengatasinya:

  1. Kopling yang Sulit Masuk Gigi

Jika masalah ini terjadi, biasanya akan menunjukkan gejala seperti sistem transmisi yang kesulitan memindahkan gigi  perseneling. Masalah ini bisa timbul karena kopling yang belum terbebas dengan sempurna saat pedal kopling diinjak. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan penyetelan pada celah kopling.

  1. Timbulnya Bau Terbakar pada Kopling

Masalah ini bisa terjadi biasanya karena Anda mengendarai mobil di jalan yang terlalu menanjak atau jalanan yang naik-turun. Penggunaan setengah kopling karena kondisi jalanan ini membuat pegas kopling tidak sepenuhnya mendorong kampas kopling. Karena itulah dapat terjadi selip antara flywheel dengan kampas kopling. Bau seperti terbakar muncul akibat gesekan yang terlalu sering dan mengakibatkan panas pada kopling. Untuk mengatasinya, Anda perlu menghentikan mobil Anda di tempat yang aman dan cobalah untuk meminimalkan penggunaan setengah kopling agar kampas kopling lebih awet.

  1. Kopling Blong

Masalah ini bisa timbul apabila terdapat udara pada sistem hidrolik atau karena kebocoran fluida pada sistem hidrolik. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan pengecekan pada sistem kopling. Dan jika terjadi masalah yang lebih serius, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk ditangani oleh ahlinya.

Itulah beberapa masalah pada kopling dan cara mengatasinya yang bisa Anda ketahui untuk lebih rutin lagi melakukan pengecekan pada mobil Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *