Monday, 24/9/2018 | 6:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Jenis-jenis Kerusakan pada Mobil

Jenis-jenis Kerusakan pada Mobil

Otolibs.com – Mobil merupakan salah satu alat transportasi pribadi maupun umum yang paling banyak digunakan selain motor. Mobil ini memang memiliki kelebihan sendiri ketimbang motor, seperti memberikan kenyaman dari teriknya panas sinar matahai maupun teduh ketika hujan deras turun di tengah perjalanan. Walaupun begitu, masih terdapat juga beberapa jenis – jenis kerusakan pada mobil.

Jenis-jenis kerusakan pada mobil pastilah memiliki penyebabnya tersendiri. Bisa juga karena pemiliknya yang kurang memperhatikan kondisi setiap bagian mobil atau karena tidak rutin melakukan perawatan mobil. Dan, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kerusakan pada mobil:

  1. Kerusakan Shockbreaker

Jika terjadi kerusakan ini, diharapkan Anda tidak mencoba memperbaikinya sendiri, karena bisa mempengaruhi kinerja sistem keamanan dan rem mobil Anda.

  1. Mesin Mobil Overheat

Kerusakan ini terjadi karena mesin yang terlalu panas dan mengakibatkan turunya daya tenaga mesin mobil Anda, dan juga bisa menyebabkan tarikan berkurang dan tidak kuat jika harus melewati jalanan yang menanjak. Hal ini biasanya terjadi karena alat pendingin mobil atau Radiator terjadi masalah, bisa karena tersumbatnya saluran Radiator atau katup termostatnya yang bermasalah.

  1. Mesin Tidak Lagi Bertenaga

Mesin yang tidak lagi bertenaga apalagi terjadi secara mendadak karena disebabkan oleh menurunnya tekanan kompresi atau pencampuran bahan bakar yang kurang sempurna. Umunya terjadi karena usia dari mobil yang Anda gunakan atau bisa juga karena kurangnya perawatan.

  1. Mesin Sulit Dihidupkan

Masalah ini terjadi karena pengapian tidak bekerja dengan sempurna. Pada mobil yang memiliki karburator bisa dikarenakan oleh kaburator yang rusak, atau sistem injeksi yang bermasalah pada mobil injeksi.

  1. Aki Tekor

Aki terkor atau bahkan mungkin sering tekor, dikarenakan oleh aki yang memang sudah aus karena usia pemakaian aki, dan juga karena pengisian aki  bermasalah pada dinamo isi dan regulator.

  1. Mobil yang Mengeluarkan Asap Putih atau Hitam

Kerusakan ini menandakan jika adanya oli yang ikut terbakar. Dan jika dibiarkan terus berlarut – larut, bisa mengakibatkan ruang bakar yang kotor dan melemahkan kinerja mesin.

Jenis- jenis kerusakan pada mobil yang umum terjadi memang ada banyak, tergantung dari bagaimana Anda sebagai pengguna mobil memperlakukannya. Jika melakukan perawatan dengan rutin, kerusakan-kerusakan yang telah dijelaskan di atas bisa dihindari.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *