Monday, 24/9/2018 | 5:36 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kerusakan yang Sering Terjadi pada Sistem Transmisi Mobil Manual

Kerusakan yang Sering Terjadi pada Sistem Transmisi Mobil Manual

Otolibs.com – Transmisi pada mobil memang diketahui dibagi menjadi dua jenis, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Transmisi sendiri berfungsi sebagai penerus tenaga yang berasal dari mesin dan meneruskannya pada roda mobil. Dan proses kinerja transmisi sebagai salah satu komponen penggerak mobil akan terganggu, jika terjadi kerusakan yang sering terjadi pada sistem transmisi mobil manual.

Kerusakan yang sering terjadi pada sistem transmisi mobil manual bisa dikarenakan oleh penggunaan pemilik mobil, atau bisa dibilang karena human error. Memang, perbaikan pada sistem transmisi manual tidaklah sesulit seperti perbaikan pada sistem transmisi otomatis, hanya saja kerusakan pada sistem transmisi manual masing sering terjadi. Dan berikut inilah beberapa kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sistem transmisi mobil manual:

  1. Sistem Transmisi yang Terlambat Merspons

Kerusakan ini diakibatkan karena kerusakan yang terjadi pada plat kopling mobil atau karena plat kopling yang sudah menipis. Untuk mengatasinya, Anda harus segera melakukan penggantian. Anda bisa melakukan sendiri di rumah ataupun di bengkel.

  1. Timbulnya Suara Mendengung

Suara mendengung yang terjadi bisa seperti terdengar dari bagian mesin, dan bisa teus bertambah keras terdengar.  Namun, suara itu terjadi bukan karena mesinnya, tetapi karena komponen –komponen yang terdapat di sistem stransmisi saling bertumburan akibat kinerjanya yang terhambat dan kurangnya dorongan dari oli transmisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa segera melakukan pengecekan oli transmisi mobil Anda.

  1. Cairan Transmisi yang Bocor

Kerusakan ini termasuk gejala yang mudah untuk diidentifikasi. Meski untuk melakukan pengecekan pada sistem transmisi manual memang tidaklah mudah, karena Anda harus membuka kotak transmisi langsung dan tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Harus meminta bantuan ahlinya.

  1. Gear Slip

Pada keadaan normal, gear mobil tetap berada posisinya saat mobil dikendarai. Namun, jika terjadi slip, gear akan berubah posisi dengan tiba-tiba. Tentunya kerusakan ini akan membahayakan Anda sebagai pengguna mobil.

Agar kerusakan yang sering terjadi pada sistem transmisi mobil manual tidak Anda alami atau bisa segera diatasi, Anda memang harus lebih sering lagi memperhatikan setiap kondisi dari komponen mobil Anda. agar masalah yang tidak diharapkan juga tidak terjadi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *