Monday, 24/9/2018 | 5:12 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Kerusakan dan Solusi Pada Setir Mobil yang Goyang

Penyebab Kerusakan dan Solusi Pada Setir Mobil yang Goyang

Otolibs.com – Dalam mengendarai mobil untuk mengendalikannya, pastilah Anda memerlukan setir. Namun, apabila setir ini mengalami kerusakan pastilah sangat mengganggu perjalanan Anda. selain itu, jika terdapat masalah pada setir juga bisa menimbulkan bahaya. Setir yang goyang misalnya. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari tahu penyebab kerusakan dan solusi pada setir mobil yang goyang.

Setir mobil yang goyang bisa menimbulkan bahaya apalagi jika mobil digunakan dalam kecepatan tinggi. Pengemudi akan kebingungan dan sangat rawan sekali terjadinya kecelakaan. Memang sebagai pengendara, sebaiknya Anda melakukan pengecekan keadaan mobil sebelum menggunakannya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui penyebab kerusakan dan solusi pada setir yang goyang pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi:

  1. Ban Mobil yang Mnggelembung

Penyebab ini bisa terjadi jika pada kecepatan rendah setir mobil Anda goyang. Hal ini juga bisa menyebabkan perjalannan Anda tidak nyaman. Sedangkan untuk mengatasinya, Anda harus segera melakukan penggantian ban mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan keadaan ban mobil Anda secara rutin sebelum digunakan untuk melakukan perjalanan.

  1. Kampas Kopling yang Aus dan Cover Clutch

Kampas kopling yang sudah aus dapat menimbulkan getaran pada mobil dan menyebabkan setir mobil Anda goyang dalam kecepatan mobil yang rendah.  Untuk mengatasinya, Anda diharuskan untuk mengganti kopling set dan menghaluskan permukaan bagian flywheel.

  1. Velg Mobil yang Bengkok

Velg mobil bengkok biasanya bisa diakibatkan karena mobil terlalu sering melintasi jalan yang berlubang. Karena terlalu sering, akhirnya kondisi velg yang semula bulat sempurna bisa membengkok. Hal ini biasanya terjadi jika Anda mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendongkrak mobil hingga bannya terangkat dan kemudian memutarnya. Jika ban dalam keadaan tidak bisa berotasi dengan benar, maka segera lakukan penggantian ban.

  1. Ban Depan yang Menggelembung

Pada kecepatan tinggi dengan keadaan ban depan mobil menggelembung, setir mobil bisa goyang dan itu sangat berbahaya. Bisa mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu, Anda harus segera mecari solusi dengan melakukan tindakan memeriksa kondisi ban depan mobil, Jika memang sudah tidak layak, segera lakukan penggantian ban dengan ban cadangan atau ban baru yang lebih baik.

Penyebab Kerusakan dan Solusi Pada Setir Mobil yang Goyang yang telah dipaparkan diatas, bisa menjadi gambaran untuk Anda, agar selalu memerhatikan kondisi mobil sebelum berkendara.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *