Wednesday, 2/12/2020 | 6:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Amat Disayangkan, Mobil Buatan Anak Bangsa Belum Dapat Diproduksi Massal

Amat Disayangkan, Mobil Buatan Anak Bangsa Belum Dapat Diproduksi Massal

 

Otolibs.com – Jika berbicara mengenai membuat mobil, anak Indonesia sebetulnya tak kalah dengan negara-negara lain. Namun amat disayangkan jika mobil baru sekadar dibuat saja. Sampai sekarang ini belum ada mobil buatan anak bangsa yang lanjut ke tahap produksi massal.

Mobil buatan anak bangsa ini sebenarnya juga dapat dibilang telah mengusung teknologi canggih dan perkembangan zaman. Contohnya saja mobil listrik.

Mobil listrik bukanlah hal yang baru untuk para mahasiswa Tanah Air. Beberapa mobil listrik buatan dari Mahasiswa ini bahkan telah beberapa kali mengikuti kontes di luar negeri dan berprestasi.

“Memang karya anak bangsa ini belum manufacturing, baru tahap pembuatan,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto beberapa waktu yang lalu.

Pemerintah sendiri juga mencanangkan 25 persen mobil yang beredar di Indonesia pada tahun 2025 adalahmobil listrik. Tapi fokus bukannya diarahkan untuk mengembangkan mobil buatan dalam negeri bikinan mahasiswa, tapi malahan mendorong para produsen mobil untuk menawarkan produk-produk canggihnya.

Padahal, Airlangga juga sempat menyebut jika Indonesia mempunyai potensi untuk dapat membuat baterai mobil listrik karena kaya akan produksi nikel murni serta cobalt.

“Teknologi baterai ke depan adalah nikel cobalt sehingga tentunya Indonesia bisa mengkapitalisasi ini dan kami juga melaporkan industri otomotif merupakan salah satu percontohan implementasi industri 4.0 karena merupakan industri andalan,” jelas Airlangga.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *