Tuesday, 19/6/2018 | 8:53 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pabrik Wuling Gunakan Kipas Besar Supaya Pekerja Tak Kepanasan

Pabrik Wuling Gunakan Kipas Besar Supaya Pekerja Nggak Kepanasan

 

Otolibs.com – Otolovers sudah pernah berkunjung ke pabrik mobil? Satu hal yang terbesit ketika akan pergi ke pabrik adalah panas. Tentunya jika cuaca yang terlalu panas pastinya membuat tak nyaman

Terlebih ketika bekerja, bisa saja hal tersebut membuat kerja jadi tak konsentrasi. Berbagai cara dilakukan oleh para produsen mobil agar para pekerja pabriknya tetap dapat bekerja dengan nyaman. Pabrik Wuling Motors Indonesia contohnya, yang memasang kipas angin berukuran besar supaya pekerja tidak kepanasan.

“Ini inovasi dari kita kipas angin besar supaya pekerja nyaman. Kalau musim kemarau bisa 39 derajat. Saya nggak tahu di pabrik lain. Tapi untuk kita pasang itu, sama kayak di China,” tutur Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana di pabrik Wuling Cikarang, Jawa Barat.

Arif pun mengutarakan mungkin saja untuk memasang AC di pabrik, tapi tentunya biaya pembuatan pabrik akan lebih mahal. “Tapi di beberapa area paint shop kami ada pasang AC karena daerah itu sensitif otomation banyak jadi harus di-cool. Harus dijaga temperatur. Lalu area yang kedap itu juga harus dibantu AC,” sambungnya.

Sekarang ini di pabrik perakitan milik Wuling ada sekitar 700 orang pekerja. Sempat terlihat beberapa kaum wanita merakit mobil merek China tersebut. Tapi kata Arif jumlahnya masih amat sedikit.

“Untuk manufacturing, female hanya sedikit bisa dihitung pakai jari. Tapi kami open untuk yang mau kerja, baik male atau female,” tutupnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *