Sunday, 23/9/2018 | 9:38 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Wuling Masih Belum Dapat Gunakan Mesin Buatan Indonesia

Wuling Masih Belum Dapat Gunakan Mesin Buatan Indonesia

 

Otolibs.com – Meskipun dirakit secara lokal, tak semua mobil Wuling terbuat dari komponen buatan dalam negeri. Masih terdapat sejumlah komponen yang dihadirkan utuh dari China. Mesin salah satunya.

Wuling mengaku untuk membuat mesin di Indonesia, diperlukan investasi yang lebih besar serta memerlukan sejumlah penyesuaian.

“Bukan belum bisa, itu kan ada justifikasi kalau mau rakit di sini. Kalau bikin engine nggak hanya ngerakit, tapi ada casting plant. Jadi harus punya engine plant sendiri. Nah untuk bikin itu power train, investasi cukup mahal,” ucap Arif Pramadana sebagai Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesiadi pabrik Wuling, Cikarang, Jawa Barat.

Bukan cuma investasi nih Otolovers. Wuling juga mesti memastikan jika volumenya jualannya di Tanah Air telah memenuhi kapasitas produksi pabrik Wuling di Cikarang ada sebanyak 120 ribu tiap tahunnya.

“Harus dijustifikasi benar-benar, apakah volume indo itu memadai atau tidak. Paling tidak penjualan harus 120 ribu per tahun,” lanjutnya

Selain mesin, komponen baja jugadihadirkan seluruhnya dari China. Arif pun menambahkan perusahaan baja RI belum terdapat yang mampu membuat baja untuk sebuah mobil.

“Kalau dilihat juga ATPM masih sebagian besar dari Korea dan sebagainya. Sekarang gini yang paling banyak dilokalkan saat ini adalah body part. Jadi yang steel material. Ini yang paling banyak, karena kalau import itu mahal. Jadi most body akan dilokal,” pungkas Arif.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *