Saturday, 18/8/2018 | 8:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Tanggapan Honda Terkait Pengumpulan Data Penjualan

Begini Tanggapan Honda Terkait Pengumpulan Data Penjualan

 

Otolibs.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha mengkritik pengumpulan data penjualan kendaraan di dalam negeri oleh asosiasi produsen otomotif. Penyetoran data itu dalam konteks persaingan bisnis disinyalir terdapat kerawanan atau celah penyalahgunaan data seperti kartel.

Salah satu produsen sepeda motor di Indonesia, PT Honda Astra Motor, menanggapi hal itu. Baginya, dugaan kartel karena pengumpulan data penjualan tak berhubungan.

“Tanggapan kami, kami berkoordinasi dengan AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), karena itu kan yang ditanyakan asosiasinya bukan kami,” ucap Thomas Wijaya selaku Marketing Director AHM di Jakarta.

“Untuk pemacu kartel, kami sih melihat itu tidak ada hubungannya. Apa pun yang dilakukan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) itu tentunya fokus kepada konsumen, memenuhi kebutuhan konsumen,” imbuhnya.

Maksudnya, pengumpulan data tersebut bermanfaat ke konsumen untuk melihat apakah produk yang ditawarkan dan dirinya ingin beli tanggapannya baik atau tidak. Sehingga dapat memperoleh informasi yang obyektif.

“Kalau kita ngomong produk desain sampai harga itu kan sesuai dengan pasar yang ada dan kebutuhan konsumen saja. Jadi ia bisa mendapatkan informasi yang obyektif,” terang Thomas.

Taufik Ahmad selaku Deputi Bidang Pencegahan KPPU beberapa waktu yang lalu mengkritik atas pengumpulan data oleh asosiasi bermotor.

“Ketika perusahaan satu asosiasi atau kumpulan pelaku usaha bisa mengumpulkan data dan informasi dari masing-masing pelaku maka dikhawatirkan data-data itu bisa disalahgunakan untuk tujuan pengaturan pasar,” ucapnya.

“Kami nanti akan bawa ke rapat komisi berikutnya untuk melihat karena di sana ada juga regulasi yang mendasari yang mungkin ditafsirkan lain-lain yang barangkali nanti kami bisa kasih pertimbangan ke pemerintah,” tegas Taufik.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *