Saturday, 18/8/2018 | 8:10 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Selain Ganjil-Genap, Kendaraan Berat Ternyata Juga Dibatasi

Selain Ganjil-Genap, Kendaraan Berat Ternyata Juga Dibatasi

 

 

Otolibs.com – Dalam rangka menyambut Asian Games, aturan perluasan ganjil-genap mulai berlaku di hari ini. Jika masih melanggar, pengendara akan ditilang.

Tak hanya pembatasan kendaraan pribadi lewat ganjil-genap, ada tiga paket kebijakan yang disiapkan untuk menyambut Asian Games. Salah satunya yakni pembatasan kendaraan berat.

“Kami tidak berdiri sendiri, ada stakeholder, BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek), Pemda, (Kementerian) Perhubungan, Kementerian PUPR, Inasgoc tentunya, semua yang terlibat kerja sama, bahu membahu sehingga ada tiga paket kebijakan yang dikeluarkan untuk memperlancar arus lalu lintas. Karena Asian Games harus ada dua sukses, yaitu sukses penyelenggaraan dan sukses perolehan medali,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa di kawasan Bundaran HI, Jakarta.

Sukses penyelenggaraan Asian Games, kata Royke, salah satunya yakni kelancaran lalu lintas dan udara bersih. Untuk kelancaran lalu lintas, terdapat tiga paket kebijakan yang disiapkan.

“Yaitu pengurangan kendaraan pribadi melalui sistem ganjil-genap, kedua pembatasan kendaraan berat sumbu 3 ke atas, ketiga penambahan sarana dan prasarana angkutan umum,” katanya.

Bagi Royke, jalur atlet Asian Games mesti lancar. Baik dari Kemayoran sampai ke Senayan, sampai venue-venue lain di Cibubur, Taman Mini, Bekasi, Cibinong, termasuk yang ada di Palembang.

Untuk pembatasan truk tiga sumbu ke atas, bakal didiberlakukan di hari H Asian Games pada tanggal 18 Agustus sampai 12 September 2018. Korlantas tak menguji coba pembatasan truk karena hal tersebut menyangkut kelancaran perputaran ekonomi.

“Karena kita harus perhatikan kelancaran ekspor impor ya, perputaran ekonomi, makanya kita tidak ada uji coba itu, karena mereka sudah terbiasa, pengusaha truk ekspor impor saya apresiasi luar biasa, dukungannya terima kasih banyak, pengorbanan juga telah diberikan terima kasih. Untuk itu kami akan berlakukan di hari H-nya saja,” ujar Royke.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *