Saturday, 18/8/2018 | 8:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pelajar Bawa Kendaraan Sendiri, Menhub Surati Kemendikbud

gg

 

 

Otolibs.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan menyurati Kementerian Pendidikan & Kebudayaan mengenai larangan pelajar yang bawa kendaraan sendiri. Dirinya berharap nantinya jadi perhatian khusus setiap sekolah.

“Mereka yang berkendaraan di bawah umur itu memang mereka satu hal yang tidak diperkenankan,” kata Budi dalam Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa dengan tema “Keselamatan Transportasi Tanggung Jawab Bersama”, di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudi, Kota Bandung.

Baginya kecelakaan lalu lintas jadi pembunuh nomor satu di dunia. Kecelakaan dalam berlalu lintas juga dapat menimpa siapa saja termasuk pelajar.

“Nanti kita akan sampaikan satu surat tertentu kepada Kemendikbud katakan lah 17 tahun itu kelas 11 SMA jadi kalau kelas 10 itu belum boleh,” ungkap dia.

Ia mengatakan permasalahan ini diperlukan kesadaran bersama. Baik itu regulator dalam hal ini pemerintah, penegak hukum, pihak sekolah dan orang tua siswa untuk mencegah anak di bawah umur mengemudi kendaraan bermotor.

“Kita mengimbau semua pihak terutama kepada orang tua untuk tidak memperkenankan anak-anaknya menggunakan (kendaraan) yang di bawah umur karena itu aturan,” tutur dia.

Selain itu, dirinya menginginkan penegakan hukum dalam mencegah anak di bawah umur berkendara ini dilakukan dengan simpatik. Supaya penegakan hukum tetap bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Kita harus melakukannya dengan simpatik, supaya mereka tahu mana yang hak mana yang bukan. Insyaallah warga Bandung warga yang taat yang bisa mendidik semua anak muda kita,” ujar Budi.

Kegiatan Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa dengan tema “Keselamatan Transportasi Tanggung Jawab Bersama” dihadiri Menhub Budi Karya, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi serta ratusan mahasiswa, pelajar, komunitas motor.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *