Friday, 30/10/2020 | 7:52 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cek Imei Ponselmu Sekarang ! Pemerintah Akan Blokir Ponsel BM

Smartphone kini tak ubahnya seperti sebuah kebutuhan, dengan segala manfaat dan beragam fitur teknologi yang ditawarkan. Hal inipun dimanfaatkan banyak pihak tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan dengan menjual ponsel Black Market atau lebih dikenal dengan istilah BM. Kurang ketatnya pengawasan pemerintah sebelumnya membuat Ponsel BM meraja lela.

Jelas, situasi ini membuat para produsen lokal merugi, terlebih brand-brand ternama seperti Xiaomi, Samsung, dan lainnya yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk membangun pabrik di Indonesia dan mendapat sertifikat TDKN. Bagaimana tidak ? Karena umumnya Ponsel BM dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding ponsel resmi.

Pemerintah jelas tak mau kecolongan dan terkait Ponsel BM yang beredar bebas di pasar Indonesia selama bertahun-tahun terakhir ini, mereka sudah memulai pembicaran sejak tahun 2018 lalu. Setelah melalui proses pembicaraan yang panjang, pihak pemerintah sepakat untuk memberantas ponsel Black Market mulai April 2020 mendatang.

Sebagai informasi, Regulasi pengendalian IMEI perangkat telekomunikasi bukanlah hal baru di industri telekomunikasi. Sudah banyak negara yang mengaplikasi regulasi ini di antaranya Turki (2006), Mesir (2010), Amerika Serikat (2012), Kenya (2012), Malaysia (2014), Pakistan (2018), dan lainnya.

Dengan berbagai alasan mulai dari mencegah/mengurangi perdagangan ponsel curian, mencegah hilangnya potensi pajak, mengurangi kehilangan pendapatan akibat penjualan ponsel ilegal, juga untuk mencegah kompetisi yang tidak sehat.

International Mobile Equipment Identity atau biasa disingkat IMEI bisa dikatakan sebagai ciri khas dari perangkat telepon genggam atau ponsel. IMEI ini bersifat unik dan berbeda-beda dan selalu menempel pada perangkat telekomunikasi, tanpa peduli apakah itu ponsel pintar atau Smartphone atau ponsel jadul. Bagi operator telekomunikasi, biasa IMEI Digunakan untuk mengidentifikasi tiap ponsel yang menggunakan jaringan mereka.

IMEI dapat dipastikan legal apabila memiliki beberapa persyaratan yaitu memiliki kartu garansi dari pembuat perangkat dan memiliki buku manual berbahasa Indonesia; terdaftar di TPP (tanda pendaftaran produk) impor/produksi yang bisa di cek melalui https://imei.kemenperin.go.id; dan memiliki sertifikat SDPPI.

Sedangkan untuk mengecek IMEI pada ponsel kita bisa dilakukan dengan cara mengetik *#06# pada menu telepon. Atau bisa diakses pada menu pengaturan – tentang – IMEI. Silahkan cek Imei Ponsel anda, siapa tahu ponsel anda adalah Ponsel BM, dan segera daftarkan jika tak ingin diblokir oleh pemerintah.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *