Friday, 30/10/2020 | 9:54 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

26 Desember 2019 Akan Ada Gerhana Matahari Cincin

Salah satu fenomena alam yang terbilang cukup langka akan menyambangi beberapa daerah di Indonesia. Fenomena tersebut adalah Fenomena Gerhana Matahari Cincin, yang diprediksi akan menyambangi beberpa daerah di tanah Air pada tanggal 26 Desember mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Dr Johan Muhammad menjelaskan dalam video resmi LAPAN di Kanal Resmi YouTube bahwa pada Kamis, 26 Desember 2019 mendatang, akan ada fenomena Gerhana Matahari Cincin di beberapa daerah di Indonesia.

Dalam penjelasannya tentang fenomenal alam yang cukup langka ini, faktanya LAPAN mengungkapkan bahwa Gerhana Matahari Cincin sebenarnya akan melewati seluruh wilayah di Indonesia. Hanya saja, intensitas gerhananya berbeda-beda. Dalam artian, di beberapa wilayah, gerhana Matahari cincin tidak begitu nampak jelas, sedang di daerah lain, fenomena ini akan terlihat jelas.

Beberapa daerah seperti Padang Sidempuan, Sibolga, Siak, Kepulauan Riau dan Singkawang akan mendapatkan penampakan yang jelas dari gerhana Matahari cincin ini. Kota-kota besar lain seperti Banda Aceh Medan, Padang dan Pontianak hanya mendapatkan 90 persen dari penampakan aslinya, tapi tentu masih terlihat jelas.

Sedangkan Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya mendapatkan kegelapan 70 persen, pun demikian dengan Makassar. Sementara itu, beberapa daerah di bagian Indonesia timur seperti Papua sampai NTT hanya mendapat pemandangan langka ini sebesar 50 persen saja.

Lantas, apa itu sebenarnya Gerhana Matahari Cincin ? Berbeda dengan Gerhana Matahari Total di mana Bulan menutupi Matahari secara sempurna, maka saat Gerhana Matahari Cincin, satelit alami milik Bumi tersebut tidak sepenuhnya menghalangi Matahari. Ini terjadi karena posisi orbit Bulan sedang berada jauh dari Bumi.

Karenanya, gerhana ini akan memunculkan bentuk seperti cincin yang bersinar di sekeliling bulan yang sedang menutupi sebagian dari matahari. Adapun sebagaimana dirilis oleh LAPAN, berikut waktu-waktu munculnya gerhana Matahari cincin di Indonesia.

Mulai gerhana sebagian 10:22:38 WIB
Mulai gerhana cincin 12:15:54 WIB
Puncak gerhana cincin 12:17:43 WIB
Gerhana cincin berakhir 12:19:33 WIB
Akhir gerhana sebagian 14:13:52 WIB

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *