Saturday, 24/10/2020 | 11:05 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ilmuan Temukan Fosil Buaya Purba Berukuran 10 Meter !

Buaya memang salah satu hewan Reptile yang mengerikan, meski sejatinya ekosistem hewan yang satu ini terletak jauh dari pemukiman manusia. Ketika berada di dekat buaya, meskipun yang ada di kebun binatang, tetap ada rasa cemas. Apa jadinya jika kita bertemu dengan buaya yang berukuran sangat besar sampai memiliki panjang 10 meter ?!

Tentu saja tidak terbayangkan rasanya, jika memang Buaya sebesar itu masih eksis, karena sekali lahap saja, kita akan langsung tertelan ke dalam lambung hewan amfibi tersebut. Nah, ternyata Buaya berukuran 10 Meter itu memang benar ada lho ! Tapi tenang saja, buaya monster itu sudah punah, dan fosilnya baru-baru ini ditemukan ilmuwan.

Dikutip detikINET dari BBC, buaya bernama Purussaurus mirandai itu dulu hidup di danau dan rawa di daerah yang sekarang adalah Venezuela. Ia berkeliaran di muka Bumi pada sekitar 6 juta tahun silam. Salah satu buaya terbesar yang pernah eksis ini beratnya kira-kira sama dengan gajah modern. Nah, tim periset internasional menemukan fakta baru bahwa hewan ini ternyata memiliki panggul ekstra dan lengan tegak lurus.

Pada awalnya, Ilmuan yang meneliti fosil tersebut menyangka bahwa buaya raksasa ini hanya bisa hidup di danau, tapi setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata buaya tersebut bisa bergerak secara leluasa di daratan, karena lengannya yang besar dan panjang , sehingga menjadi penyangga tubuhnya yang besar juga.

“Kami kira Purrusaurus tidak bergerak cepat di daratan. Penemuan ini penting lantaran perkembangan hewan bisa diubah seiring badannya menjadi besar,” sebut Prof John Hutchinson dari The Royal Veterinary College yang memimpin riset ini.

Di samping itu, peneliti menemukan fakta lainnya, bahwa Purrusaurus ini adalah satu-satunya jenis Buaya yang memiliki tulang lebih banyak, tepatnya di bagian selangkang.

“Kami sangat beruntung menemukan fosil itu di tanah Venezuela sehingga bisa mengenali kondisi unik Purussaurus yang berukuran raksasa ini,” tandasnya.

Ilmuan mengatakan bahwa penyebab punahnya buaya purba raksasa ini adalah karena habitat mereka yang berubah. Ternyata, Buaya Monster ini sangat peka terhadap perubahan habitat dan sulit beradaptasi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *