Thursday, 29/10/2020 | 5:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Apakah Radiasi Ponsel Benar Berbahaya Bagi Bayi ?

Ponsel di Eranya sekarang sudah beralih fungsi menjadi lebih kompeks, terutama Smartphone yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Inovasi pada Ponsel memang sangat bagus dalam membantu meringankan pekerjaan kita sehari-hari, juga sangat membantu dalam banyak hal termasuk komunikasi jarak jauh. Tapi di satu sisi, ada beberapa dampak negatif yang bisa dihasilkan oleh Smartphone.

Dengan hadirnya sinyal internet pada ponsel, praktis ponsel atau smartphone akan menghadirkan radiasi. Beberapa klaim menyebut bahwa Radiasi pada ponsel akan sangat berbahaya bagi Manusia, terutama bagi Bayi yang masih sangat rentan. Hanya saja, Masalah radiasi dari ponsel terhadap kesehatan, sampai sekarang memang masih menjadi perdebatan. Belum ada studi yang bisa menyimpulkan bukti-bukti yang nyata.

Sebagai informasi, WHO sendiri selaku Badan Kesehatan Dunia yang bernaung dibawah PBB, memang pernah menyatakan sinyal radiasi dari smartphone mungkin berpotensi karsinogenik atau menyebabkan kanker. Akan tetapi, memang belum ada bukti nyata atau bukti ilmiah yang membuktikan bahwa Radiasi Ponsel bisa menjadi penyebab kanker dan sebagainya.

Akan tetapi, khusus untuk janin, bayi dan anak-anak memang sempat ada saran untuk menjauhkan mereka dari Ponsel, karena radiasi pada ponsel tersebut sendiri. Salah satu alasannya karena perkembangan otak dan tempurungnya belum sempurna, sehingga berpotensi berlipat lebih berbahaya daripada Orang Dewasa yang memang sudah memiliki tulang yang kokoh.

Jika tidak punya speaker eksternal atau mau didengarkan pelan-pelan takut mengganggu yang lain, memang langkah mematikan sinyal ke airplane mode, menjadi salah satu langkah yang lebih aman untuk bayi bisa mendengarkan musik dari ponsel.

Saat airplane mode dinyalakan, fungsi penerimaan dan pengiriman sinyal dimatikan, ini berarti juga koneksi data. Dengan cara menyalakan Airplane Mode atau mode pesawat, mendengarkan musik ke anak-anak atau bayi bisa dikatakan aman, karena tidak ada radiasi yang muncul dari sinyal, internet, bluetooth ataupun wifi pada ponsel.

Tapi memang sebaiknya, anak-anak kita lebih baik dijauhkan dari ponsel, karena selain radiasi, anak juga akan cenderung pasif jika terus dimanjakan dengan ponsel.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *