Friday, 30/10/2020 | 8:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mata Tersembur Bisa Kobra ? Ini Yang Harus Dilakukan

Belakangan ini, cukup sering terdengar munculnya ular kobra dalam jumlah banyak di beberapa pemukiman warga. Tentu saja , ini adalah masalah yang cukup serius, pasalnya Kobra dikenal sebagai salah satu jenis ular yang sangat berbisa, dan bisanya sangat berbahaya bagi Manusia.

Ular Kobra biasanya menyalurkan bisanya lewat dua taring di bagian gigi atas, dengan cara menggigit mangsanya. Tapi selain bisa meracuni dengan gigitan, faktanya Ular Kobra juga bisa membahayakan manusia dengan semburan bisa nya. Ya, Bisa ular ini tidak hanya dapat disebarkan lewat gigitan, tapi juga semburan yang sudah pasti berbahaya.

Akan sangat berbahaya jika semburan bisa tersebut mengenai mata kita, bahkan sampai bisa menyebabkan kebutaan. Salah satu pakar ular dari Yayasan Sioux Ular Indonesia, Muhammad Dzawil Arham memberikan cara yang tepat untuk mengatasi semburan bisa saat terkena mata. Salah satunya adalah dengan cara tidak mengucek dan menggosok dengan tangan.

Hal tersebut karena dengan mengucek atau menggosoknya dengan tangan atau benda lain, malah bisa membuat racun Kobrra masuk ke dalam mata.

“Saat mata tersembur bisa ular, jangan pernah dikucek atau digosok dengan tangan dan benda apapun. Karena hal itu akan menyebabkan luka pada mata, sehingga bisa itu malah masuk ke dalam luka,” terang Dzawil pada detikcom, Kamis (19/12/19).

Cara yang tepat untuk menanganinya adalah memiringkan kepala ke arah mata yang terkena semburan. Misalnya, mata sebelah kiri yang tersembur, maka miringkan ke kiri begitupun sebaliknya. Setelah memiringkannya, kita bisa menyiramkan dengan air bersih.

“Kita sering sebut dengan teknik irigasi. Jadi setelah kepala dimiringkan ke arah bagian mata yang tersembur, alirkan air secara perlahan sebanyak 2-7 liter. Agar bisa itu dapat keluar dari mata. Efeknya mungkin nanti akan terasa berlendir saat bisa itu keluar dari mata. Dan setelahnya, mungkin mata akan terasa berat atau lengket seperti orang bangun tidur,” tandasnya.

Sebenarnya, Kobra sendiri adalah salah satu jenis ular yang agresif, hanya saja dia memang biasanya menjauhi pemukiman manusia. Baiknya kita memang membasmi tikus atau kodok yang ada di sekitar rumah, kehadiran dua hewan tersebut bisa mengundang Kobra.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *