Wednesday, 28/10/2020 | 1:58 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Beberap Fakta Menarik Tentang Bumi Yang Jarang diketahui

Bumi adalah satu-satunya planet dalam Tata Surya ini yang bisa ditinggali Manusia, setidaknya hal tersebut yang terbukti sejauh ini. Pasalnya, Bumi menawarkan banyak hal yang bisa mendukung kehidupan Manusia, seperti Oksigen, Air, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, Bumi yang kita tinggali ini memang memiliki kelebihan khusus untuk dijadikan tempat tinggal.

Selama ini, kita diajarkan banyak hal tentang bumi di Sekolah, seperti perputaran bumi pada porosnya sendiri yang dikenal dengan istilah Rotasi, atau perputaran bumi pada matahari. Akan tetapi, ada beberapa fakta menarik tentang bumi ini yang masih jarang diketahui publik, berikut diantaranya.

1. Setahun di Bumi bukan 365 hari

Selama ini, kita diberitahu bahwa Bumi itu berputar mengelilingi matahari selama 365 hari atau satu tahun, padahal faktanya tidak tepat 365 hari. Sebenarnya dalam setahun Bumi memiliki 365,2564 hari. Ekstra 0.2564 hari itulah yang menciptakan adanya tahun kabisat yang membuat setiap 4 tahun sekali bulan Februari memiliki ekstra 1 hari menjadi 29 hari.

2. Rotasi bumi secara bertahap melambat

Selain berputar mengelilingi matahari, Bumi juga berputar pada porosnya sendiri dengan istilah rotasi. Faktanya, Rotasi Bumi ternyata melambat perlahan, tapi dampaknya memang tak terlihat, karena perlambatannya hanya 17 milidetik setiap 100 tahun. Ini memiliki efek memperpanjang hari-hari di Bumi, hal ini ternyata bisa mengubah jam per hari di bumi menjadi 25 Jam.

3. Satu-satunya planet yang tidak dinamai nama dewa

Merkurius, Venus, Mars, Uranus, Saturnus dan masih banyak lagi adalah nama-nama planet dalam tata surya kita yang terinspirasi dari nama dewa a atau dewi Romawi . Faktanya hanya bumiyang kita tinggali ini tidak terinspirasi dari nama-nama dewa tersebut.

4. Bumi adalah planet terpadat di Tata Surya

Namun hal ini bervariasi sesuai dengan bagian planet, misalnya, inti logam yang lebih padat dari kerak bumi. Kepadatan rata-rata Bumi adalah sekitar 5,52 gram per sentimeter kubik.

5. Rotasi Bumi bukan 24 jam secara tepat

Sama seperti perputaran bumi pada matahari, rotasi bumi ternyata juga tidak memakan waktu 24 jam tepat. Bicara tepat, Rotasi bumi berlangsung selama 23 Jam, 56 Menit, 4 Detik.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *