Thursday, 22/10/2020 | 2:58 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Teh Hijau Ternyata Bisa Basmi Bakteri TBC

Teh Hijau adalah salah satu jenis teh yang kaya akan manfaat dan sudah terbukti bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Para peneliti terus menggali manfaat yang terdapat pada Teh Hijau, terbaru manfaat yang ditemukan ternyata sebagai pembunuh bakteri Tuberculosis atau TBC.

Sebagai informasi, Teh Hijau adalah olahan teh yang berasal dari daun tanaman camelia sinensis, biasa ditemui di India dan Cina. Faktanya, jenis teh yang satu ini Sudah sejak ratusan tahun silam dikonsumsi sebagai minuman sehat. Dalam proses pembuatannya setelah daun teh dipeti dipanaskan atau dikukus untuk mencegah oksidasi yang bisa merusak nutrisinya.

Biasanya, setelah diseduh, warna yang dihasilkan cenderung hijau kekuningan, dan aromanya segar seperti daun teh pada umumnya. Beberapa manfaat mengkonsumsi teh hijau yang diketahui sejauh ini adalah menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan kadar gula darah dalam tubuh.

Nah, menariknya baru-baru ini penelitian yang dilakukan oleh Nanyang Technological University (NTU) di Singapura menemukan fakta baru bahwa teh hijau ampuh membasmi bakteri tuberculosis (TB). Penyakit tuberculosis (TB) sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak menimpa orang-orang di Asia.

Biasanya, penyakit yang satu ini menyerang paru-paru, tulang sampai ginjal. Dikutip dari NDTV (19/12) tubuh yang lemah karena kekurangan nutrisi merupakan salah satu faktor tuberculosis. Mengasup nutrisi penting dan antioksidan dapat mencegah TB. Para peneliti menemukan fakta baru bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau ternyata bisa membantu membasmi bakteri TB.

Memang tidak bisa dipungkiri, teh hijau adalah salah satu minuman yang sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh kita. Ada beragam manfaat yang ditawarkan seperti yang dijabarkan di atas. Konsumsi teh hijau sebaiknya berupa teh daun yang diseduh langsung. Sebaiknya dikonsumsi tanpa gula dan rutin dilakukan setiap hari.

Tapi perlu dicatat juga, mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah yang berlebihan juga sejatinya tidak baik bagi kesehatan tubuh. Cukup sehari sekali di pagi atau sore hari. Sebaiknya menghindari minum teh hijau pada malam hari, karena kandungan cafein di dalamnya bisa membuat kita sulit untuk tidur.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *