Wednesday, 28/10/2020 | 12:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Cara Sederhana Untuk Deteksi Penyakit Jantung

Penyakit Jantung, entah itu serangan jantung atau jantung bocor, terbukti sebagai kategori penyakit yang paling mematikan, dan di Indonesia sendiri penyakit jantung memakan banyak korban dalam 10 tahun terakhir. Tentu fakta tersebut membuat kita khawatir, apakah kita juga memiliki penyakit jantung ? Lantas bagaimana cara mendeteksinya tanpa harus pergi ke dokter ?

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini cukup viral sebuah video yang menunjukkan bahwa merendam tangan di air es adalah salah satu cara mendeteksi penyakit jantung dalam tubuh. Selain itu, cara ini juga disebut bisa mengecek adanya masalah pada sirkulasi, oksigenasi darah dan jantung tentunya. Tapi benarkah cara ini efektif ?

Faktanya, sebagaimana dijelaskan oleh dr Vito A Damay, SpJP kepada Detikhealth, cara tersebut sama sekali tidak bisa digunakan untuk mendeteksi adanya penyakit jantung dalam tubuh. Tapi begitu, dia mengakui bahwa ada cara lain yang lebih sederhana untuk bisa mendeteksinya.

“Sederhananya, kalau kita sering terbangun di malam hari karena sesak nafas mendadak dan lalu membaik saat posisi duduk, itu adalah tanda kelemahan jantung,” jelas dr Vito.

Di Samping itu, ada cara lain yang juga bisa dilakukan, terutama saat kita melakukan aktivitas fisik. Contohnya saat sedang jogging, tiba-tiba dada terasa berat dan hilang ketika istirahat, mungkin terjadi penyempitan pembuluh darah koroner pada tubuh. Nah, gejala seperti ini ternyata bisa jadi pertanda yang mengarah kepada gejala serangan jantung.

Sedangkan cara yang lebih sederhana lainnya adalah dengan memperhatikan bagian punggung di kedua kaki. Suatu ketika kalian merasakan bagian kaki bengkak, kita bisa mencoba menekannya agak ke dalam. Jika bagian yang bengkak tersebut tidak kembali ke bentuk semula, atau meninggalkan bentuk seperti masuk ke dalam, artinya memang ada yang salah dengan jantung kita.

“Selain bengkak, jika di bagian kulit di atas tulang kaki ditekan, terlihat kulit melesak ke dalam dan butuh waktu lama kembali ke posisi normal, maka mungkin saja ada kelemahan pompa jantung,” katanya.

Tapi tentu kita tidak perlu khawatir, karena penyakit jantung masih bisa diobati, salah satunya dengan beristirahat yang cukup, kurangi asupan cafein dan kolesterol.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *