Wednesday, 21/10/2020 | 1:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kebiasaan Sederhana Agar Jantung Kita Lebih Sehat

Jantung adalah organ penting dalam tubuh kita, karenanya menjaga kesehatan jantung tidak bisa diabaikan, terlebih di Indonesia ada banyak orang yang harus meregang nyawa karena jantung yang tidak sehat. Jantung yang tidak sehat bisa memunculkan beragam penyakit, termasuk diantaranya serangan jantung, kolesterol dan lainnya.

Faktanya, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung kita. Berikut diantaranya,

1. Sarapan

Obesitas atau Berat Badan yang berlebih adalah salah satu pemicu penyakit jantung, karenanya menghindari obesitas penting dilakukan. Cara sederhananya adalah dengan membiasakan diri saarapan di pagi hari. Dengan sarapan, tubuh kita akan lebih bertenaga untuk menjalani aktivitas hingga siang hari, sehingga terhindar dari mengkonsumsi camilan tak sehat saat sedang beraktivitas.

2. Jalan kaki

Aktivitas Fisik sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk jantung. Aktivitas disini tidak perlu berat, cukup dengan berjalan kaki dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa membantu menguatkan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan membawa banyak oksigen ke beberapa organ tubuh yang membutuhkannya.

3. Tertawa

Tertawa memang menyenangkan, tampak tidak menghasilkan efek apapun pada tubuh, padahal berdasarkan penelitian, orang yang tertawa akan membuat beberapa organ tubuh termasuk jantung jadi lebih sehat. Penyebabnya, karena tertawa bisa mengurangi hormon stres yaitu kortisol dan adrenalin.

4. Konsumsi buah dan sayur

Kolesterol dan Tekanan darah tinggi adalah dua faktor penyebab jantung yang tidak sehat, dan biasanya berasal dari konsumsi daging yang berlebih. Karenanya, seimbangkan asupan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin juga antioksidan tinggi.

5. Tidur yang cukup

Tidur adalah saat dimana sebagian besar organ tubuh beristirahat, memang jantung tetap berdetak, tapi detak jantung akan jauh lebih teratur saat tertidur. Tak heran jika penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki waktu tidur yang cukup selama tujuh sampai delapan jam per harinya, memiliki jantung yang lebih sehat. Jadi jangan ragu untuk membiarkan tubuh beristirahat lebih lama, jangan terlalu memforsir energi kita untuk beraktivitas sampai semalam suntuk.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *