Wednesday, 28/10/2020 | 10:32 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Musim Hujan Tiba, Begini Tips Agar Tak Mudah Sakit

Seiring dengan pergantian tahun, musim penghujan makin dirasakan intensitasnya di berbagai daerah di Indonesia. Nah, saat musim hujan, tubuh akan sangat rentang terserang penyakit, hal ini disebabkan kelembapan udara yang membuat bakteri dan virus mudah menyebar. Penyakit-penyakit seperti Flu, Batuk, Pilek hingga Demam pun mengancam.

Akan tetapi, selain karena faktor kelembapan udara, yang menyebabkan tubuh terserang penyakit juga tergantung pada kekuatan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Hal inipun dibenarkan oleh Dr Helmin Agustina Silalahi.

“Saat musim hujan tiba, Praktis suhu akan menjadi lebih dingin. Aliran darah pun bisa melambat sehingga darah yang mengandung sel-sel imun juga tidak menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Ujung-ujung jari atau kaki menjadi dingin karena oksigennya tidak lancar. Situasi tersebut yang kemudian membuat sistem imun kita menurun”

“Suhu dingin saja sudah membuat daya tahan menurun, apalagi kalau sampai kehujanan. Kondisi ini akan memudahkan seseorang terserang infeksi,” jelas dr Helmin Agustina Silalahi.

Lebih lanjut, Dr Helmin menjelaskan bahwa umumnya orang memang rentan terkena penyakit saat musim hujan tiba, namun bayi dan lanjut usia ternyata memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi, juga termasuk orang yang memiliki penyakit kronis tertentu.

Karenanya, dia memberikan saran agar kita menjaga suhu tubuh dengan memakai jaket, atau selimut saat tidur, bahkan kalau bisa menghangatkan suhu ruangan. Selain itu, Pola Makan, olahraga yang cukup serta banyak minum air putih dan menjaga kebersihan juga membantu mencegah datangnya penyakit di musim hujan.

“Selain itu, jaga nutrisi seimbang, dan tetap terapkan pola hidup yang sehat lainnya seperti istirahat dan olahraga yang cukup, minum air putih dan jaga kebersihan,” tambahnya.

Musim hujan memang jadi momok yang menakutkan bagi orang-orang, terlebih bagi mereka yang harus bekerja sehari-hari. Memang, penyakit yang datang biasanya cenderung ringan dan mudah diobati seperti Flu, Pilek, Batuk dan Demam. Hanya saja, penyakit-penyakit ringan tersebut sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Beristirahat yang cukup dan menghindari begadang di malam tahun baru nanti mungkin bisa membantu kita mencegah penyakit-penyakit tersebut datang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *