Monday, 26/10/2020 | 9:59 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Musim Hujan Datang, Hindari Berenang di Genangan Banjir

Seiring dengan malam pergantian tahun, musim hujan di beberapa daerah juga semakin terasa, terutama di daerah Jakarta. Intensitas Hujan yang lebat dan berlangsung cukup lama bahkan membuat Warga Jakarta harus merasakan musibah banjir pada hari pertama mereka di tahun 2020 ini.

Memang, Banjir seperti sudah menjadi musibah yang rutin terjadi di setiap tahunnya saat musim penghujan, terutama di kota-kota besar termasuk Jakarta. Penanganan terhadap Banjir sendiri terus dilakukan, tapi tingkat kesadaran masyarakat yang minim pada akhirnya tidak dapat mencegah terjadinya bencana alam tersebut.

Alih-alih meratapi bencana ini, kebanyakan warga justru memanfaatkannya. Terutama anka-anak, yang mana mereka sering terlihat berenang pada air genangan banjir. Memang, rasanya menyenangkan, sensasinya seperti berenang di sungai atau di kolam. Padahal, berenang di genangan air banjir bisa menimbulkan resiko yang berbahaya.

Dijelaskan Dr. Meta Hanindita, Air Genangan Banjir memiliki banyak kuman dan bakteri, sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal, diare sampai sakit perut.

“Air banjir biasanya kotor dan mengandung banyak kuman. Ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare,” tutur dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Saat bermain bahkan berenang di genangan banjir, baju anak akan basah dalam waktu lama. Terpapar terlalu lama dengan air kotor juga akan meningkatkan potensi sakit kulit seperti gatal-gatal atau borok.

“Kondisi basah dan dingin dapat membuat anak rentan terkena penyakit,” sebutnya.

Apalagi, rasanya sudah bukan rahasia lagi bahwa Air Genangan Banjir yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, datangnya tidak lain dari air pembuangan atau Got yang tersumbat kemudian airnya meluap ke permukaan dan terjadilah Banjir. Jelas itu bukan air bersih, bukan air yang layak untuk dijadikan tempat berenang, dan menjadi sarang penyakit.

Terlebih lagi, sumber air bersih saat banjir terjadi akan sangat minim, sehingga untuk membilas tubuh setelah berenang di air genangan banjir akan sulit. Jika tidak bilasan setelah berenang di air genangan banjir, rasanya sudah pasti penyakit tertentu akan menghampiri kita.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *