Wednesday, 28/10/2020 | 3:13 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Musim Rambutan Tiba, Berikut Fakta-Fakta Menariknya

Datangnya musim penghujan tampaknya membawa berkah bagi sejumlah orang, terutama yang memiliki pohon rambutan di halaman atau pekarangan rumahnya. Pasalnya, seiring dengan musim hujan ini, Buah Rambutan juga sedang subur-suburnya untuk dipanen. Buah yang satu ini tentu saja enak dikonsumsi, teksturnya yang kenyal juga meninggalkan kesan bikin ketagihan. Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang buah rambutan.

Fakta Pertama

Rambutan tergolong buah tropis yang masuk ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Buah ini populer di Indonesia dan negara Asia Tenggara lain termasuk Thailand dan Malaysia. Buah ini diberi nama ‘rambutan’ karena berasal dari buahnya yang memiliki rambut di sekelilingnya. Buah yang satu ini juga masih satu ‘marga’ dengan beberapa buah lain seperti Kelengkeng, Leci dan buah Matoa.

Fakta Kedua

Rambutan yang tersebar di tanah air ada beberapa jenis, tapi yang paling disukai orang-orang adalah Rambutan Rapiah. Rambutan jenis ini cenderung memiliki warna kulit hijau kekuningan, rambutnya juga sedikit, bahkan ada yang tidak memiliki rambut, hanya tekstur kasar pada kulitnya. Selain itu, Rambutan Rapiah juga punya cita rasa yang manis, serta teksturnya yang lebih kering.

Fakta Ketiga

Binjai faktanya adalah salah satu daerah yang memproduksi Buah rambutan terbanyak di Indonesia, karena alasan tersebut kota itu dijuluki Kota Rambutan. Binjai juga memproduksi buah rambutan khas, yang dinamai Rambutan Binjai. Salah satu favorit di Indonesia karena isinya cenderung lebih tebal dan tidak menempel pada bijinya. Rambutan Binjai juga manis, serta kulitnya berwarna merah merekah.

Fakta Keempat

Rasanya, bukan rahasia lagi kalau Rambutan adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah rambutan ini diantaranya tinggi serat, vitamin C, tembaga, zat besi, dan fosfor. Rambutan juga buah yang rendah kalori, setidaknya dalam 100 gram buah rambutan memiliki 69 kalori. Serat yang ada di dalam buah ini berfungsi memperlancar pencernaan.

Selain itu, kandungan lain dapat mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes dan juga batu ginjal.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *