Thursday, 22/10/2020 | 5:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bayi Terserang Pilek ? Begini Cara Mengatasinya

Musim hujan memang bukan musim yang bersahabat bagi kita, karena lembabnya udara di musim hujan membuat bakteri dan virus cepat menyebar. Apalagi ketika tubuh sedang kelelahan, maka hampir dapat dipastikan penyakit-penyakit seperti flu, pilek, diare hingga demam akan mudah merasuk.

Beda ceritanya dengan Bayi, tubuh mereka memang masih sangat rentan terhadap bakteri dan virus. Tak heran di musim hujan, mereka akan mengalami salah satu penyakit di atas, terutama Pilek. Nah, anda memang memiliki bayi yang sedang terserang Pilek, coba cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Minum Banyak Cairan

Dengan meminum banyak cairan, tubuh bayi akan terasa lebih hangat, sehingga dia cepat berkeringat. Jika berkeringan, ingus yang menyumbat hidungnya akan mencair dan keluar perlahan, tentu saja hal ini akan membuat si Kecil bisa bernafas lega. Air hangat yang diisi dengan sedikit madu juga bisa digunakan sebagai obat pilek untuk si kecil.

2. Gunakan Pelembab Udara

Menggunakan pelembab udara menjadi salah satu cara untuk mengatasi pilek si kecil. Pelembab udara yang hangat, akan membuat udara di dalam ruangan hangat sehingga lendir yang berada di hidung akan keluar secara perlahan. Tapi jangan lupa untuk terus memperhatikan si kecil, bersihkan ingusnya selalu menggunakan tisu, agar tidak masuk ke mulut dan tertelan.

3. Alat Penyedot Ingus

Alat Penyedot Ingus baru digunakan ketika memang ingus yang menyumbat hidung bayi tidak kunjung keluar. Masukkan alat tersebut ke hidung bayi secara pelahan lalu sedot ingus bayi dengan tujuan supaya ingusnya keluar dan bayi bisa bernafas lega. Cara ini bisa digunakan untuk bayi yang baru berusia 5 bulan.

4. Posisi Tidur Yang Benar

Posisi tidur yang baik akan membantu si kecil, agar bisa leluasa bernafas. Caranya dengan membuat posisi kepala lebih tinggi dari badan. Posisi ini sejatinya bertujuan agar Lendir di hidung bisa turun perlahan, dan serta mencegah penyumbatan.

5. Memijat Hidung

Memberikan pijatan ringan dan lembut pada hidung bayi faktanya juga sangat bisa untuk membantu mengeluarkan lendir yang tertahan di hidung. Cukup pijat perlahan, tanpa tenaga yang justru bisa membahayakan si kecil.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *