Friday, 30/10/2020 | 9:34 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

4 Makanan Ini Terbuat Dari Tulang, Menyeramkan tapi Enak

Tulang adalah salah satu bagian terkeras dari Hewan, tak terkecuali ayam dan ikan. Sehingga tak heran, banyak orang yang kemudian membuang tulang ayam setelah selesai mengkonsumsi dagingnya, karena memang dianggap tidak layak konsumsi. Teksturnya yang keras juga sulit untuk dihancurkan, bahkan bisa membuat gigi sakit jika memaksa untuk memakannya.

Tapi bukan berarti tulang tidak bisa dikonsumsi, faktanya ada deretan makanan yang berbahan dasar tulang hewan. Meski tampak atau terdengar menyeramkan, faktanya makanan-makanan berikut ini memiliki cita rasa yang lezat.

1. Tulang Jambal

Tulang jambal ini adalah makanan yang menggunakan tulang ikan sebagai bahan dasarnya. Terbayang rasanya memakan tulang ikan buat gigi terasa nyilu karena tampilannya saja seperti duri yang siap menusuk lubang pada gigi kita. Tapi jangan khawatir, Tulang Jambal justru tidak berbahaya, karena tulang ikan akan lebih dulu digoreng sampai kering dan renyah, lalu dicampur bumbu rempah dan sambal yang menggoda. Siap dihidangkan sebagai lauk sepiring nasi !

2. Seblak Tulang

Masih dari kuliner Jawa Barat, di Bandung ada jajanan populer yang terbuat dari kerupuk, namanya seblak. Seblak ini biasa diolah jadi makanan pedas dan nikmat disajikan hangat. Biasanya seblak dilengkapi dengan aneka bahan seperti bakso, sosis hingga ceker. Tapi banyak juga penjual seblak yang memasak hidangan ini dengan tambahan tulang ayam. Seblak tulang ayam digadang-gadang punya rasa yang lebih gurih dan enak.

3. Rica-Rica Tulang Ayam

Sekilas, makanan ini tampak mengerikan, karena yang terlihat hanya ceker dan potongan tulang ayam saja. Tapi ketika anda mencobanya, anda akan merasa ketagihan. Bagaimana tidak ? Potongan dan Ceker ayam akan direbus dalam waktu yang lebih lama supaya tidak keras, kemudian campur dengan bumbu pedas yang sangat menggugah selera !

4. Soto Tulang Ayam

Jika biasanya soto akan disajikan bersama dengan beberapa potong daging ayam, maka berbeda dengan soto yang satu ini, justru disajikan bersama dengan beberapa potong tulang ayam. Tapi jangan salah, tulang ayam yang ada di dalamnya sudah melalui proses perebusan yang lama sehingga terksturnya lunak. Akan sangat terasa bumbu soto yang meresap ke tulang ayam tersebut, meninggalkan kesan gurih dan lezat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *