Tuesday, 27/10/2020 | 2:44 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Minum Air Dingin Saat Baru Bangun Tidur, Berbahaya atau Tidak ?

Ketika baru bangun dari tidur, rasanya menyegarkan jika langsung meminum segelas air dingin, apalagi saat cuaca panas, tenggorokan langsung terasa lega. Namun, opini yang beredar di masyarakat belakangan ini mengklaim bahwa meminum air dingin saat baru bangun tidak baik untuk kesehatan. Benarkah opini tersebut ?

Faktanya, meminum air dingin memang bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, termasuk diantaranya pilek. Meminum air dingin membuat lendir pada hidung akan sulit keluar, dan ini jelas menghambat pernafasan. Sebagai contoh ringan, orang yang biasa meminum air hangat, seperti sup ayam atau teh hangat di pagi hari akan merasa lebih mudah saat bernafas.

Karenanya, tak heran orang-orang yang sedang menderita demam, flu, batuk dan pilek disarankan untuk lebih sering meminum air hangat dan menghindari air dingin.

“Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa diperburuk oleh air dingin. Minum air dingin dikaitkan dengan memicu migrain pada orang yang telah mengalaminya. Nyeri ini terkait dengan achalasia, kondisi yang membatasi kemampuan tubuh untuk melepaskan makanan melewati esofagus, yang bisa diperburuk saat kamu meminum air dingin sambil makan,” Demikian tertulis dalam situs Healthline.

Namun begitu, meminum air dingin tak selamanya buruk, bahkan ada manfaat besar yang ditemui pada kondisi tertentu, misalnya saat berolahraga. Orang yang berolahraga akan cenderung meminum air dingin karena bisa membuat suhu tubuh turun perlahan. Hal ini mungkin disebabkan meminum air dingin bisa membantu tubuh untuk menjaga temperatur inti tubuh bagian bawah.

Lantas, bagaimana jika meminum air dingin secara langsung ketika bangun dari tidur ? tidak masalah, karena faktanya Air dingin bisa membakar kalori yang ada dalam tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan bobot berat badan. Kesimpulannya, air dingin tidak berbahaya jika diminum langsung setelah bangun tidur, namun singkirkan pilihan tersebut apabila kamu memiliki kondisi tertentu yang bisa dipicu air dingin, salah satunya migrain.

Termasuk juga bagi anda yang sedang terserang penyakit pilek dan flu, lebih baik menghindari meminum air dingin saat baru bangun, bahkan saat sedang bersantai.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *