Saturday, 31/10/2020 | 3:48 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ngiler Saat Tidur ? Begini Cara Mengatasinya

Tidur yang nyenyak memang didambakan banyak orang, karena dengan tidur yang nyenyak, secara otomatis tubuh akan beristirahat dengan baik, dan beberapa organ serta otot akan berada dalam kondisi yang fit saat bangun nanti. Namun, tidak jarang tidur nyenyak akan diiringi dengan beberapa kebiasaan termasuk diantaranya Ngiler.

Ngiler atau Sialorrhea adalah merupakan salah satu hal yang biasa menimpa hampir semua orang. Ini adalah keluarnya saliva atau air ludah dari dalam mulut dengan jumlah yang berlebih. Tentu saja ngiler sangat mengganggu, karena selain meninggalkan ‘jejak’ ada juga bau tak enak yang tertinggal, dan tentu kamu akan malu sendiri ketika ada teman yang berkunjung atau bahkan mereka juga ikut tidur dengan kamu.

Nah, meski tergolong suatu hal yang biasa, tapi Ngiler ini bisa diatasi, dan berikut empat cara mengatasinya.

1. Gosok gigi

Sebelum tidur, usahakan gosok gigi agar kuman dan kotoran sisa makanan tidak tertinggal di dalam mulut. Selain itu, menggosok gigi juga bisa mencegah adanya peradangan. Jika peradangan terjadi, maka produksi saliva di dalam mulut akan terus bertambah dan bisa menyebabkan ngiler.

2. Ubah posisi tidur

Kelihatannya mungkin tidak ada hubungannya, tapi jangan salah, Posisi tidur juga sangat berpengaruh pada faktor ngiler atau tidakny kamu, bahkan juga salah posisi tidur bisa membuat seseorang akan mendengkur alias ngorok saat tidur. Hindari posisi tidur yang membuatmu sulit bernafas atau membuat perut tertekan, ini akan membuat peluang ngiler lebih besar.

3. Jangan lupa minum

Meminum segelas air sebelum pergi tidur juga bisa mencegah ngiler. Pasalnya, mulut yang kering otomatis akan memperbesar peluang keluarnya Saliva atau air liur saat tidur. American Dental Association mengatakan, penting untuk menjaga keseimbangan air liur yang sehat. Ini karena air liur berperan penting untuk melindungi tubuh dari infeksi.

4. Kurangi konsumsi makanan manis

Mengkonsumsi makanan yang manis, terutama sebelum tidur, akan membuat Saliva keluar lebih banyak ketika tidur. Pasalnya, makanan manis adalah salah perangsang keluarnya air liur, semakin banyak makan makanan manis, semakin banyak juga air liur yang keluar.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *