Thursday, 29/10/2020 | 3:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Dia Gejala-Gejala Umum Penderita Dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi saat tubuh kekurangan banyak cairan yang dibutuhkan, dan ketika dehidrasi terjadi tidak hanya lemas yang dirasakan si penderita, tapi juga beberapa hal lain seperti pingsan, mual, bahkan tidak bisa menerima asupan makanan atau minuman lewat mulut. Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih awam dengan penyakit yang satu ini.

Faktanya, Dehidrasi tidak mengenal cuaca, entah musim dingin atau musim panas, penyakit ini sangat mungkin menyerang kita. Karena penyebabnya bukanlah cuaca, tapi kurangnya asupan cairan pada tubuh. Jadi bagi kamu yang jarang meminum air putih, lebih besar atau lebih berpeluang terkena dehidrasi. Meski terdengar biasa, tapi faktanya Dehidrasi adalah penyakit yang tidak bisa diabaikan.

Orang yang terkena dehidrasi bahkan harus segera dilarikan ke Rumah sakit demi mendapatkan perawatan lebih lanjut. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh seorang Da’i ternama, Gus Miftah. Guru Spiritual Deddy Corbuzier tersebut baru saja dilarikan ke Rumah Sakit karena dehidrasi. Seharusnya, yang bersangkutan dilarikan ke rumah sakit lebih cepat.

Tapi memang, gejala-gejala umum dehidrasi tidak begitu diketahui orang-orang sehingga mereka tak sadar bahwa sedang terserang kondisi tersebut. Menanggapi hal ini, spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, menjelaskan tanda-tanda dehidrasi sebagai berikut:

– Pandangan mata menjadi lebih sayu
– Kelembaban kulitnya berkurang
– Suhu tubuhnya lebih rendah
– Kulitnya kering seperti keriput

Nah, selain gejala-gejala di atas, Dehidrasi juga bisa ditandai dengan degup jantung yang cenderung lebih cepat dari biasanya.

“Detak jantungnya lebih cepat. Tapi kalau kita pegang nadinya lebih lemah,” jelasnya.

Menurut dr Vito penanganan dehidrasi memang lebih cepat dan efektif melalui infus. Hal ini dikarenakan infus merupakan cara yang cepat dan efektif dalam mengembalikan kadar cairan dan mineral tubuh ke tingkat yang normal. Pasalnya, kebanyakan orang yang terserang Dehidrasi tidak akan bisa menerima minuman atau makanan melalui cara biasa.

Mereka akan memuntahkannya lagi dengan bentuk yang sama, atau dengan kata lain tubuh sudah menolak asupan yang masuk.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *