Thursday, 22/10/2020 | 5:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kumur Dengan Air Garam Ternyata Memiliki Banyak Khasiat

Ketika sakit gigi menyerang, orang-orang kebanyakan tidak akan langsung berobat ke Dokter atau rumah sakit terdekat, tapi mereka akan mencoba dulu obat alternatif yang sederhana, salah satunya adalah berkumur dengan air garam. Ya, Berkumur dengan air garam faktanya memang bisa mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi, lebih dari itu ternyata ada banyak khasiat lain juga .

Sebenarnya, yang paling dianjurkan adalah berkumur dengan air laut, karena kandungan garam lebih tinggi dan lebih alami. Namun kebanyakan orang yang tinggal jauh dari laut tentu saja tidak mau repot sampai berkunjung ke pantai, sehingga mereka hanya menggunakan garam dapur lalu mencampurnya dengan segelas air. Biasanya cara ini sangat efektif untuk menghilangkan nyeri pada gigi.

Tapi lebih dari itu, sebagaimana dilansir Times of India, berkumur dengan air garam juga bisa menghilangkan peradangan dan infeksi pada tenggorokan. Hal ini terjadi karena Ketika kamu berkumur, terjadi efek osmosis yang disebabkan oleh garam dan mengangkat cairan yang ada di tenggorokan. Larutan air garam ini akan memecah lendir serta membersihkan tenggorokan dengan menghilangkan iritasi.

Bakteri, Alergen atau Jamur yang tertinggal di Tenggorokan akan secara otomatis langsung dihancurkan oleh larutan air garam tadi. Di samping itu, dia juga bisa membunuh bakteri pada gusi yang menyebabkan peradangan sampai bengkak.

Cara berkumur dengan air garam sangatlah mudah dan sederhan, Campurkan setengah sendok teh garam dapur ke dalam segelas air hangat dan aduk merata. Ambil seteguk besar air garam ke dalam mulut, miringkan kepala dan kumur selama 30 detik. Jangan lupa gerakkan air ke sekitar mulut, kemudian buang. Ulangi sampai 5-7 kali.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita bisa melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari. Tapi yang perlu dicatat, jangan menggunakan garam secara berlebih karena bisa membuat mulut terasa kering, dan tenggorokan pun juga akan kering. Beberapa manfaat lain dari kumur air garam adalah sebagai berikut:

1. Meredakan masuk angin, sakit tenggorokan, peradangan, dan infeksi sinus.
2. Mengurangi rasa sakit karena pendarahan pada gusi.
3. Menetralkan asam di mulut dan menjaga keseimbangan pH yang bisa membantu mencegah terjadinya radang gusi.
4. Melindungi penyebaran infeksi jamur di mulut dan tenggorokan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *