Wednesday, 28/10/2020 | 2:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Hati-Hati ! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Pikun

Pikun atau Pelupa adalah salah satu penyakit yang tidak bisa dihindari, terutama bagi mereka para lansia, karena daya ingat akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selama ini, stigma yang beredar di masyarakat adalah bahwa penyakit pikun hanya akan menimpa mereka para lansia, padahal kenyataannya studi membuktikan bahwa mereka yang masih muda bisa juga terkena penyakit pikun.

Lepas dari kelainan, ada beberapa hal yang faktanya bisa menyebabkan seseorang di usia muda sudah terserang penyakit pikun, salah satu alasannya adalah karena kurang tidur. Ya, Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan setiap organ dalam tubuh kita. Jantung bahkan akan bekerja lebih teratur dan lebih ringan saat tertidur dibanding saat beraktivitas.

Orang yang tertidur dalam waktu singkat dalam sehari penuh cenderung lebih mudah terserang penyakit pikun, meski usianya masih muda.

“Studi kami menunjukkan bahwa usia muda dan juga sehat yang melewatkan tidur satu malam akan meningkatkan tau dalam darah. Kurang tidur bisa memiliki dampak kerugian seperti itu,” kata penulis studi yang juga ahli saraf Universitas Uppsala, Swedia, Dr Jonathan Cedernaes, dikutip dari CNN.

Menurut asosiasi alzheimer, tau adalah protein yang membantu menstabilkan susunan sel-sel saraf otak. Penumpukan protein tau menyebabkan sel saraf jadi berantakan dan memicu alzheimer. Nah, nantinya orang yang kurang tidur akan menyebabkan otak tidak bekerja sebagaimana mestinya, terganggu, termasuk saat membersihkan protein dalam darah.

Sebagai informasi, otak selalu akan membersihkan kandungan protein dalam darah saat kita sedang tertidur lelap di malam hari.

“Ketika anda memiliki waktu tidur yang cukup,itu akan meningkatkan pembersihan protein abnormal dalam saraf otak, dan kami pikir itu bagus,” kata ahli saraf Mayo Clinic, Dr Donn Dexter.

Karenanya, tidur lebih lama akan memberikan waktu kepada otak untuk bekerja lebih maksimal dalam membersihkan protein dalam darah. Normalnya, tubuh memerlukan waktu tidur selama 8 jam, jika lebih dari itu juga tidak baik. Orang yang kebanyakan tidur juga mudah terserang penyakit seperti pusing dan sebagainya. Karenanya, cukupkan waktu tidur kita untuk hidup yang lebih sehat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *