Sunday, 1/11/2020 | 1:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ternyata Inilah Alasan Kenapa Ada Sepeda Berharga Ratusan Juta

Sepeda memang sudah ada sejak dulu, tapi fungsinya saja yang berubah, dari alat transportasi kini menjadi media untuk berolahraga. Menariknya, belakangan ini banyak publik yang membicarakan tentang harga sepeda. Mereka dibuat kaget dengan fakta adanya sepeda gayung yang berharga puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Lantas, sebenarnya apa sih yang menjadi alasan utama kenapa sepeda gayung bisa berharga sangat tinggi seperti itu? Nah, salah seorang pengamat sepeda yang juga bekerja di toko retail sepeda modern, Dewo Prasetyo, mengungkapkan bahwa harga jual sepeda umumnya ditentukan oleh bahan atau komponen yang digunakan pada sepeda tersebut.

“Yang menentukan sepeda kelas atas atau tidak itu tergantung sama komponen apa yang dia pakai. Sepeda yang bikin mahal itu dari komponennya bukan dari framenya,” Demikian ungkap Dewo.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa sejauh ini ada dua komponen kelas wahid yang membuat sepeda itu dihargai dengan sangat tinggi, antara lain Karbon dan Titanium. Hanya saja untuk seri Titanium biasanya ditemui di negara-negara luar seperti Amerika, sedangkan di Indonesia, kebanyakan sepeda menggunakan bahan Alumunium dan Karbon.

“Ada yang karbon ada yang titanium. Cuma kalau sepeda balap jarang yang pakai titanium. itu di las dan beratnya seringan karbon tapi dia kuat. Cuma kalau titanium itu merek sepeda luar sih biasanya, kaya Amerika punya, itu titanium kebanyakan. Kalau di Indonesia sendiri cuma ada aluminium sama carbon, dua itu aja,” tambahnya.

Meski bernilai tinggi, faktanya tidak semua sepeda yang berbahan dasar Carbon dihargai sama, contohnya saja merk Brompton yang ditaksir harganya mencapai puluhan juta rupiah. Keunggulan dari bahan ini adalah sepeda lebih ringan dan tidak nampak ada hasil sambungan las.

“Bedanya di bahan sih, bahannya (carbon) otomatis sudah pasti lebih ringan. Udah gitu las-lasannya nggak ada, karena dia modelnya build up semua,” tuturnya.

Sebagai informasi saja, untuk sepeda gayung dengan bahan Carbon di Indonesia sendiri harganya bisa mencapai 73 Juta Rupiah. Jadi jangan kaget jika teman atau di lingkungan kamu ada yang mengklaim sudah membeli sepeda seharga satu unit mobil bekas ya!

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *