Friday, 30/10/2020 | 7:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kenali Gejala-Gejala Kanker Usur Besar Berikut

Kanker Usus Besar adalah salah satu penyakit yang mematikan, dan biasanya diderita oleh para lansia yang berusia 50 tahun ke atas. Namun, baru-baru ini penelitian menunjukkan kanker usus besar di generasi muda juga ternyata sudah mulai meningkat.

Seperti jenis kanker lainnya, kanker usus besar juga sangat mematikan, dan bisa berawal dari pola hidup kurang sehat sampai virus dan bakter yang masuk ke dalam usus. Baru-baru ini, Dr Wifanto Saditya Jeo, menyampaikan data yang ditemukan di Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), terkait dengan Kanker usus Besar yang ternyata sudah banyak ditemui pada generasi milenial.

Jika biasanya Kanker jenis ini ditemukan pada para lansia berusia 50 tahun ke atas, belakangan banyak remaja yang menderita kanker jenis ini. Tercatat, Kanker usus besar pada generasi milenial mengalami peningkatan di tahun 2018, menjadi 133 kasus. Bahkan, tercatat remaja berusia 24 tahun adalah pasien termuda untuk kasus kanker usus besar di rumah sakit tersebut.

Karenanya, tentu saja sangat penting bagi para generasi milenial untuk mewaspadai penyakit ini. Pertama-tama kita harus tahu gejala seperti apa yang terlihat untuk penyakit kanker usus besar ini. Dijelaskan dokter Wifanto bahwa umumnya gejala yang terlihat adalah BAB darah, Susah BAB sampai Diare.

“Buang Air Besar (BAB) darah, sulit BAB, diare, terus kadang berat badannya turun secara tiba-tiba,” jelasnya saat ditemui detikcom, Rabu (14/1/2020).

Selain itu, jika berat badan kita tiba-tiba turun secara drastis, maka harus juga diwaspadai. Karena, ketika gejala tersebut muncul, kemungkinan besar seseorang sedang mengalami kanker usus besar.

“Turun berat badan yang tidak tahu sebabnya, kalau kita diet kan turun berat badan, tapi kok tau-tau makin lama makin turun nah itu biasanya ada proses cancer,” pungkasnya.

Menurutnya, penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya ini terjadi karena sel kanker melepaskan suatu substansi yang mengganggu proses perubahan nutrisi asupan makanan menjadi energi. Karenanya, sadari dan kenali gejala-gejala yang bisa ditimbulkan oleh Kanker usus besar untuk mencegah kanker tersebut terjadi lagi di masa mendatang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *