Monday, 26/10/2020 | 4:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Hal ini Bisa Sebabkan Amandel Kita Membengkak

Amandel adalah salah satu organ penting yang ada dalam tubuh kita, berfungsi untuk mendukung sistem imun tubuh dengan melindungi tubuh dari infeksi yang akan masuk menyerang tubuh melalui mulut. Ketika ada bakteri atau virus yang masuk ke tubuh melalui mulut, amandel lebih dulu yang merasakan efeknya. Biasanya terlihat membengkak atau seperti terdapat luka.

Nah, ketika amandel membengkak atau luka, biasanya yang terjadi adalah rasa sakit saat menelan sesuatu sampai demam. Untuk menghindari amandel membengkak, kita harus mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya.

1. Asam Lambung

Suatu penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Otolaryngology mengungkapkan, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat memicu terjadinya amandel bengkak. Kondisi ini bisa terjadi karena asam lambung memberi dampak yang sama dengan penyebab penyakit lain terhadap amandel. Pantang makan makanan pedas dan kafein.

2. Virus

Sebenarnya ada beberapa virus yang bisa membuat amandel kita bengkak, termasuk diantaranya herpes simplex dan influenza. Kalau amandel bengkak yang disebabkan oleh virus biasa akan hilang sekitar 10 hari. Konsumsilah banyak cairan dan kumur-kumur dengan obat kumur. Sedangkan untuk anak-anak, cukup dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan meminum air putih dalam jumlah banyak.

3. Kebiasaan Merokok

Rokok menghadirkan banyak efek negatif untuk kesehatan tubuh, bisa menimbulkan kanker paru-paru sampai infeksi parah pada amandel. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di Colorado. Kondisi ini diprediksi terjadi sebagai reaksi dari amandel terhadap reaksi kimia yang terkandung pada rokok.

4. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan amandel dan peradangan. Ciri-ciri amandel bengkak karena radang tenggorokan ini yakni kamu akan sulit menelan, sulit membuka mulut, dan mengalami bau mulut. Segera obati agar infeksi tidak parah.

5. Alergi

Alergi memang selalu menghadirkan masalah bagi pengidapnya, terlebih alergi terhadap debu. Bersin dan batuk adalah hal biasa yang terjadi pada penderita alergi debu, bahkan bisa menyerang amandel mereka. Jika sudah menyerang amandel, maka peradangan di saluran pernapasan, paru-paru, dan kerongkongan, yang menyebabkan amandel bengkak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *