Wednesday, 28/10/2020 | 5:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kekurangan Vitamin D Bisa Picu Migrain Di Pagi Hari

Apakah kamu sering kali merasakan sakit kepala sebelah alias Migrain di pagi hari ? Mungkin kamu bertanya-tanya apa penyebabnya. Nah, ternyata salah satu penyebab sakit kepala sebelah alis migrain di pagi hari adalah kekurangan vitamin D.

Migrain sendiri memang tidak bisa dianggap remeh, karena seiring dengannya muncul beberapa gejala lain seperti mual, muntah sampai sensitif terhadap cahaya dan suara. Karenanya, Migrain adalah penyakit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Migrain bisa disebabkan oleh stres, kecemasan, syok, rasa tegang, kurang tidur, dan lain-lain.

Sebagaimana Studi yang dilakukan baru-baru ini ternyata rasa migrain di pagi hari bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D, terutama riboflavin dan coenzyme Q10. Riset yang dilakukan oleh Suzanne Hagler, rekan Headache Medicine di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center tersebut mengungkapkan bahwa Migrain sangat bisa disebabkan oleh kekurangan Vitamin D.

Dalam studinya, Dr Hagler melakukan penelitian dan riset terhadap anak-anak, remaja sampai orang dewasa yang sering merasakan migrain di pagi hari. Ia mengecek kadar batasan vitamin D, ribofalvin, coenzyme Q10, dan folat dalam darah, dimana ternyata hal tersebut ternyata berkaitan dengan Migrain yang dirasakan.

“Studi ini menunjukkan bahwa jumlah pasien perempuan yang mengalami kekurangan coenzyme Q10 lebih banyak dari pria. Sedangkan untuk kekurangan Vitamin D, pasien pria lebih banyak dibandingkan wanita,” tulis studi tersebut.

Pada intinya, orang yang sering mengalami penyakit migrain kronis bisa jadi mengalami kekurangan coenzyme Q10 dan riboflavin setelah dibandingkan dengan yang hanya sesekali mengalaminya. Namun tentu saja kandungan Vitamin D bisa didapat dengan mudah. Salah satunya dengan berjemur pada sinar matahari di pagi hari antara pukul 7 sampai pukul 8.

Lantas, bagaimana jika migrain tersebut membandel ? Kamu bisa meminum obat pereda migrain, menggunakan minyak esensial lavender yang dapat meredakan stres, cemas, dan sakit kepala. Cara mudah lainnya adalah dengan mengkonsumsi jahe hangat, merenggangkan otot-otot leher dan bahu dan cobalah tidur dalam ruangan gelap.

Jadi, bagi kamu yang sering merasa migrain di pagi hari, besar kemungkinan kamu kekurangan vitamin D.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *