Wednesday, 21/10/2020 | 1:38 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Hindari Perut Kenyang atau Lapar Saat Akan Pergi Tidur

Rasa lapar memang tidak bisa dihindari, namun rasanya seperti bencana ketika rasa lapar datang jelang waktu tidur kita. Orang-orang mungkin memutuskan untuk makan terlebih dulu, ada juga yang mengabaikan rasa lapar tersebut dan lanjut tidur. Sebenarnya, makan sebelum tidur boleh-boleh saja, justru dianjurkan jika memang dalam kondisi lapar.

Hanya saja, kekenyangan dan tetap lapar saat akan tertidur justru bisa menyebabkan beberapa hal berikut ini.

1. Bisa sebabkan GERD

Jika kamu langsung berbaring usai makan besar, kemungkinan yang bisa terjadi adalah perutmu menjadi sakit. Saat kita makan di malam hari apalagi makan besar, bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit refluks gastroesofageal atau GERD, gangguan pencernaan yang membuat asam lambung naik dan mengiritasi dinding saluran makanan.

2. Bisa membuatmu berkeringat tengah malam

Faktanya makan sebelum tidur tidak hanya membuat perut kita merasa mulas, tapi juga bisa terjadi gangguan pencernaan, buntutnya kita sulit untuk tidur. Faktanya, menurut sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School, makan besar seperti burger atau pizza di dekat waktu tidur bisa membuat tubuh berkeringat. Hal ini disebabkan karena suhu panas pada tubuh yang meningkat setelah makan.

3. Mengakibatkan insomnia

Sedangkan jika kamu memilih untuk mengabaikan rasa lapar dan melanjutkan tidur, ini juga bisa berdampak bahaya bagi tubuh. Secara tidak sadar tubuh akan sulit untuk tertidur, sehingga situasi ini membuat kita terserang insomnia.

4. Jadi makan makanan yang tidak sehat

Umumnya orang yang kelaparan sebelum tidur tidak akan memikirkan lagi gizi dan kandungan dalam makanan tersebut. Tak ayal, demi memenuhi perut, mereka akan mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan seperti junk food atau fast food. Selain itu, makan di malam hari bisa mempengaruhi hormon ghrelin, yang meningkatkan nafsu makan dan mengatur berat badan.

Karenanya, untuk menyiasati semua itu, lebih baik untuk tetap makan jika memang kelaparan, hanya saja batasi jumlah konsumsi kita agar tidak kekenyangan. Anda juga bisa mengkonsumsi satu biji buah apel atau sepotong roti, dengan tujuan agar perut tidak kosong.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *