Friday, 30/10/2020 | 4:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang, tak terkecuali di Indonesia. Wajar saja, Minum Kopi memang terbukti bisa meningkatkan semangat dan mood kita, terlebih jika dinikmati pagi hari. Bahkan, orang yang berolahraga sekalipun ternyata juga bisa mendapat manfaat dari kopi sebelum melakukan aktivitasnya.

Budaya ‘ngopi’ sendiri sudah ada sejak dulu. Ada banyak jenis kopi di seluruh dunia, tapi di Indonesia sendiri mayoritas yang banyak disukai adalah jenis kopi hitam. Meminum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas terbukti bisa meningkatkan semangat, enerji dan daya ingat. Tanpa peduli aktivitas kerja yang akan anda lakukan, termasuk olahraga sekalipun.

Dikutip dari Times of India, dalam menjalani program latihan perlu tingkat konsentrasi yang tinggi. Namun sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan hal itu, sehingga meningkatkan risiko cedera saat berolahraga. Meminum kopi bisa meningkatkan kewaspadaan dan membantumu agar tetap fokus saat menjalani program latihan.

Kopi juga bisa menambah energi kamu yang akan melakukan olahraga, karena faktanya terdapat kandungan kafein yang bisa menambah energi, sehingga kita bisa terhindar dari rasa lesu atau lelah pasca berolahraga. Dengan energi yang didapat dari Kafein, Kamu pun dapat menjalani program olahraga dalam jangka waktu yang lebih lama, tanpa merasa lelah.

Bahkan studi yang dilakukan di University of Illinois, Amerika Serikat, mengatakan bahwa meminum kopi dapat mengurangi rasa nyeri otot setelah melakukan olahraga yang intens. Karenanya, jangan takut kehilangan tenaga atau gangguan lain ketika anda meminum secangkir kopi sebelum berolahraga.

Hanya saja, memang yang perlu diperhatikan adalah jumlah kopi yang kita konsumsi. Ketika mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak, tentu saja yang terjadi jantung akan berdebar lebih kencang dari biasanya. Ketika dalam kondisi tersebut kita melakukan olahraga tertentu, yang ada justru tubuh kita akan cepat merasa lelah, bahkan berpotensi mengalami serangan jantung.

Pada intinya, Kopi dan Air Putih sama-sama bermanfaat untuk tubuh kita, tapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, justru akan mendatangkan dampak negatif. Secangkir kopi sejatinya sudah cukup untuk mengawali hari kita.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *