Wednesday, 28/10/2020 | 2:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Cara Minum Kopi Tanpa Kena Dampak Negatifnya

Minum Kopi kini tak hanya jadi tren di kalangan lansia, banyak anak muda yang juga suka menikmati secangkir kopi, entah di pagi atau siang hari. Wajar saja, Kopi memang bisa mencegah rasa kantuk dan meningkatkan Mood kita sebelum berangkat kerja atau beraktivitas.

Tak heran konsumsi kopi di kalangan masyarakat urban pun terus meningkat, apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Menikmati secangkir kopi saat turun hujan faktanya juga bisa menghangatkan tubuh. Akan tetapi, harus diperhatikan juga bahwa terlalu banyak meminum kopi bisa memunculkan dampak negatif bagi tubuh.

Hal tersebut karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Kandungan tersebut membuat tubuh kita terkena penyakit jantung.

“Penelitian American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa minum enam cangkir atau lebih kopi sehari dapat berbahaya dan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22%,” ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth baru-baru ini.

Lantas, apakah bisa menghindari dampak negatif dari kopi tersebut ? Jelas bisa, caranya dengan mengurangi gula, menghindari penggunaan krim dan menggunakan penyeduh yang bersih dan berkualitas baik. Kita juga harus membatasi konsumsi kopi, dengan maksimal tiga cangkir per harinya.

“Tubuh manusia dewasa dapat menerima asupan maksimal kafein sebanyak 400 miligram per hari. Itu setara dengan empat cangkir black coffee. Jadi jika Anda mengonsumsi secangkir kopi pagi, secangkir kopi siang dan disusul kopi sore adalah aman untuk tubuh Anda,” ungkap dr Muliaman.

Pada intinya, Kopi adalah minuman yang memiliki manfaat bagus untuk tubuh kita. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa kandungan dalam kopi dapat mencegah beragam penyakit atau gangguan pada otak, termasuk pikun dan Alzheimer. Kopi juga bisa membantu kita untuk bisa lebih fokus saat mengerjakan sesuatu.

Hanya saja dampak negatif dari terlalu banyak minum kopi juga banyak, mulai dari perut kembung, asam lambung sampai maag. Sebaiknya, hindari juga meminum kopi sebelum sarapan di pagi hari. Kebiasaan tersebut bisa membuat usus kita terluka. Tapi bukan berarti minum kopi di pagi hari itu tidak baik.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *