Thursday, 29/10/2020 | 10:13 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bibir Pecah-Pecah Saat Baru Bangun Tidur ? Atasi Dengan Ini

Bibir adalah bagian dari kulit kita dengan tekstur yang paling lembut dibandingkan bagian kulit lainnya. Namun, terkadang bibir terasa kasar teksturnya, kering dan pecah-pecah, terutama saat baru terbangun dari tidur.

Faktanya, bibir pecah-pecah saat baru bangun tidur bukanlah sesuatu yang perlu dicemaskan secara berlebihan. Gejalan ini adalah gejala biasa yang disebabkan oleh cuaca yang berganti, karena bibir kita rentan terhadap angin, hujan, dan juga paparan sinar matahari.

Di samping itu, penyebab lain adalah karena bibir tidak dapat memproduksi kelembabannya sendiri, sehingga mudah kering dan pecah-pecah. Tapi yang paling sering menjadi penyebab bibir pecah-pecah adalah karena dehidrasi.

“Kita sebaiknya menargetkan setidaknya delapan gelas sehari (agar tidak dehidrasi). Dan menggunakan lip balm yang mengandung bahan hidrasi seperti minyak jojoba atau shea butter,” kata Dr Debra Jaliman, dikutip dari Bustle.

Kesehatan kulit juga jadi faktor lainnya, karena itu kita juga bisa menjaga kelembapan bibir dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin B. Kekurangan vitamin B ditandai dengan jerawat, kulit kering, ruam, dan tentu saja bibir pecah-pecah. Selain itu, perlu diperhatikan fakta bahwa kelebihan mengkonsumsi vitamin A juga bisa jadi penyebab bibir pecah-pecah.

“Vitamin A yang berlebih disimpan di liver, dan berakumulasi seiring waktu, menyebabkan serangkaian gejala, seperti sudut bibir yang pecah-pecah, kering, dan mengelupas,” imbuh Dr Michele Green.

Tapi sebenarnya tidak ada yang perlu dicemaskan, ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Yakni meminum cukup banyak air, menggunakan lip balm yang tepat, dan jika kamu sudah melakukannya namun tetap tak ada perubahan, konsultasikan ke dokter kulit untuk mengetahui apa penyebab pasti dari masalah kamu tersebut.

Yang jelas, Bibir Pecah-Pecah adalah gejala yang sangat biasa dan bisa menimpa siapa saja. Tapi memang, bagi para wanita terutama, gejala ini sangat mengganggu karena otomatis merusak penampilan mereka. Cobalah untuk rutin meminum air putih setiap sebelum tidur dan saat baru bangun. Kekurangan cairan memang penyebab utama bibir pecah-pecah, bisa juga karena cuaca yang dingin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *