Thursday, 29/10/2020 | 9:52 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Agar Tak Susah Tidur Saat Cuaca Dingin di Malam Hari

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, cuaca pada malam hari cenderung dingin. Bahkan, beberapa daerah merasakan suhu yang dingin ekstrem. Memang, tidur saat cuaca dingin sangat nikmat, tapi jika cuaca dinginnya terlampau ekstrem, terkadang justru sulit untuk bisa tidur.

Hal ini karena cuaca dingin ekstrem bisa sampai menyerang tulang, alhasil kita akan menggigit hebat karena kedingingan dan akhirnya sulit untuk tidur. Tapi, ada beberapa tips untuk mempermudah tidur anda di malam hari saat cuaca dingin. Berikut diantaranya.

1. Mandi Dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat sebelum tidur bisa memberikan efek relaksasi baik pada fisik maupun mental, dan tentu saja membuat tidur nyenyak. Hal ini disebabkan suhu tubuh kita secara alamiah menurun di malam hari saat tubuh bersiap untuk beristirahat, biasanya terjadi dua jam sebelum tidur. Dengan mandi air hangat, suhu tubuh kita akan naik dan penurunan suhu usai mandi akan membantumu cepat tertidur.

2. Menggunakan Kaos Kaki

Selimut memang sangat dibutuhkan untuk tidur saat cuaca dingin, tapi tidak banyak yang menyadari bahwa selimut saja tak cukup untuk menghangatkan badan saat akan tidur. Gunakanlah kaos kaki dengan bahan yang tebal. Penggunaan kaos kaki membuat suhu tubuh perlahan akan hangat, jauh lebih hangat dibandingkan yang tidak menggunakan kaos kaki.

3. Perbanyak gerak

Cuaca dingin memang membuat mood kita menurun, malas bergerak alias mager. Padahal pergerakan tubuh yang aktif saat cuaca dingin sangat dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, sehingga tubuh akan lebih hangat. Tapi perlu dicatat, hindari banyak gerak saat akan tertidur, karena justru memacu adrenalin sehingga yang terjadi malah sulit untuk tidur.

4. Hindari alkohol

Sebagian orang mungkin merasa bahwa minum alkohol dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Tapi justru alkohol bisa membuat suhu tubuh menurun, yang disebabkan pelebaran pembuluh darah yang menarik darah dan panas menjauh dari inti tubuhmu. Selain itu, meminum alkohol sebelum tidur bisa mengganggu tahap REM tidur. Situasi ini akan membuatmu terus terbangun pada malam hari karena ingin buang air kecil.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *