Tuesday, 1/12/2020 | 9:06 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bibir Pecah-Pecah Bisa jadi Indikasi Diabetes

Bibir pecah-pecah memang mengganggu penampilan, namun terkadang orang-orang mengabaikan gejala tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya beranggapan bahwa bibir pecah-pecah adalah salah satu gejala kekurangan cairan.

Dehidrasi dianggap sebagai salah satu alasan paling kritis terkait dengan gejala bibir pecah-pecah. Padahal, faktanya bibir pecah-pecah bisa jadi penyebab dari masalah medis lain. Hal ini dijelaskan oleh Dr Sudha Menon yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam.

Dalam istilah medis, Bibir pecah-pecah disebut dengan nama Cheilitis. Jika memang faktornya karena dehidrasi, bisa dia sembuhkan di rumah dengan cara meminum air putih lebih banyak. Tapi jika gejala tersebut tak berkurang, maka berarti ada faktor masalah kesehatan yang lain.

“Bibir pecah-pecah disebut dengan cheilitis. Bibir pecah-pecah sering ditandai dengan retak dan terkelupas. Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dapat dilakukan di rumah, jika itu bukan termasuk kasus yang ekstrem. Tetapi jika kondisinya memburuk, ini mungkin mengarah pada masalah kesehatan lainnya,” ujar Dr Sudha dikutip dari situs Times Of India.

Lantas, apa saja masalah kesehatan lain yang membuat bibir kita kering dan pecah-pecah ? Bisa jadi karena sembelit, kemudian anemia dan yang paling parah adalah karena Diabetes. Di samping itu, dia juga menjelaskan bahwa gejala tersebut bisa disebabkan oleh alergi obat tertentu.

Stress, cemas dan kurang vitamin bahkan bisa menyebabkan gejala serupa. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi gejala tersebut ? yang terpenting sendiri adalah menjaga pola diet kita. Pola diet yang teratur dan seimbang bisa mencegah berbagai penyakit termasuk bibir kering.

Jangan lupa juga untuk rutin mengkonsumsi air putih, mengecek kesehatan secara rutin secara menyeluruh. Ahli gizi dan konsultan kesehatan umum, Kavita Devgan, juga mengingatkan agar tidak menyepelekan kondisi bibir pecah-pecah.

“Karena kalau tidak sembuh setelah diobati, dan penyebabnya bukan karena dehidrasi. Bisa jadi itu masalah gula darah tinggi atau diabetes,” jelasnya.

Cuaca dingin juga bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah, terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Jaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan banyak minum air putih.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *