Wednesday, 2/12/2020 | 6:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Durasi Tidur Yang Ideal Berdasarkan Golongan Usia

Setelah seharian beraktivitas, tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan organ-organ di dalamnya. Selama tertidur, beberapa sel dan otot pada tubuh kita akan memperbaiki diri sendiri. Tak heran jika badan terasa lebih segar saat terbangun.

Karenanya, Tidur sangat penting, namun jika waktu atau durasi tidur tidak ideal, terkadang badan merasa letih atau tidak bersemangat. Lantas, berapa lama durasi yang ideal untuk tidur berkualitas. Untuk hal ini, tidak sama di semua kalangan usia.

Misalkan waktu tidur untuk bayi, tentu saja tidak sama dengan durasi tidur untuk para lansia. Hal ini karena kemampuan sel-sel dan otot-otot tubuh pada kedua kalangan usia tersebut juga berbeda. Dikutip dari The Sun, berikut ini jumlah waktu tidur yang dibutuhkan sesuai dengan usianya.

1. Bayi

Mereka para Balita atau Bayi dibawah usia lima tahun, membutuhkan waktu sebanyak 11 jam untuk tidur di malam hari. Selain malam, pada siang hari butuh waktu sekitar 2 jam untuk tidur di siang hari. Mengapa bayi membutuhkan waktu tidur lebih lama ? Karena selama tidur, bayi akan tumbuh dan berkembang.

2. Anak-anak

Ketika si kecil sudah tumbuh di atas usia 5 tahun, mereka masih membutuhkan waktu tidur lebih lama. Pada usia ini, mereka membutuhkan waktu antara 9 hingga 11 jam saat malam hari dalam sehari. Sama seperti Balita, di usia ini, mereka masih tumbuh dan berkembang ketika tidur.

3. Remaja

Sedangkan untuk remaja, durasi tidur yang dibutuhkan lebih sedikit. Paling tidak selama sembilan jam dalam semalam. Berbeda dengan balita dan anak-anak, waktu tidur yang lama itu berfungsi untuk menghilangkan stres karena bekerja atau belajar di sekolah.

4. Dewasa

Sedangkan untuk dewasa, di atas usia 20 tahun membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit, antara 7 sampai 9 jam dalam semalam. Tentu saja, tujuan tidur bagi kalangan usia ini adalah agar berada dalam kondisi bugar saat terbangun di pagi hari dan siap beraktivitas.

Itulah durasi tidur yang ideal berdasarkan kalangan usia. Hindari begadang jika memang tidak perlu, karena tubuh akan merasa lebih lemas , tidak bertenaga, dan tidak bersemangat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *