Thursday, 29/10/2020 | 5:52 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kini Populer, Dulu Zuckerberg Susah Payah Promosikan Facebook

Terhitung sejak 4 Februari 2020 kemarin, Facebook merayakan ulang tahunnya yang ke-16. Ya, Platform Sosial media besutan Mark Zuckerberg tersebut sudah didirikan sejak tahun 2004 silam. Dikenal sebagai salah satu sosial media terpopuler, dulu sang pendiri begitu kesulitan mempromosikan situsnya tersebut.

4 Februari 2004, adalah tanggal dimana Mark Zuckerberg menciptakan Facebook, di kamarnya yang terletak di Asrama Kampus Harvard. Kala itu, Zuck diberi kesempatan wawancara dengan televisi CNBC. Dia masih sangat muda, 20 tahun dan penampilannya sangat culun, dengan kaca mata dan kemeja garis.

Dikatakan Zuckerberg, bahwa Facebook dulu masih menggunakan nama Thefacebook. Platform Sosial media tersebut hanya ditujukan kepada kalangan Mahasiswa saja, khususnya di Harvard. Jelas, saat itu, dia sama sekali tidak berpikir bahwa sosial media besutannya akan sepopuler sekarang.

Mark juga merasa bahwa potensi facebook itu sangat minim, bahkan dia hanya menargetkan 400 sampai 500 orang saja untuk menjadi penggunanya.

“Tidak mungkin dikatakan. Saat pertama kali diluncurkan, kami berharap ada anggota 400 500 orang. Harvard tak punya semacam Facebook, jadi itulah celah yang kami coba penuhi, dan sekarang kami memiliki 100 ribu orang. Siapa tahu yang akan terjadi selanjutnya,”

“Kami harap kian banyak kampus lain yang bergabung, mungkin lebih dari 100 atau 200 dan dari sana kami akan meluncurkan berbagai aplikasi agar orang tetap kembali ke situs dan mungkin kami bisa membuat sesuatu yang keren,” Kisahnya seperti dikutip dari CNBC.

Karena kerja kerasnya membangun Facebook, kuliah Mark Zuckerberg jadi terbengkalai, dan akhirnya dia di Drop Out oleh Universitas Harvard. Namun, bencana tersebut membuatnya bisa mengembangkan Facebook lebih baik lagi.

Akhirnya, pada September 2006, Facebook benar-benar tersedia secara global. Pertumbuhan sosial media yang satu ini begitu pesat, tak terbendung, sampai akhirnya pada Mei 2012, Mark Zuckerberg menjual sahamnya di lantai bursa saham.

Saat ini ada lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif Facebook. Perusahaan ini bermarkas di Menlo Park, California dan 14 kantor cabang di seluruh Amerika Serikat. Juga kantor di 35 lokasi lain di luar AS. Hal tersebut membuat Mark Zuckerberg kini jadi salah satu orang terkaya dunia.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *