Tuesday, 20/10/2020 | 1:49 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Gara-Gara Pakai Headset Berjam-Jam, Wanita Ini Tuli Mendadak

Menggunakan headset atau earphone memang mengasyikkan, terutama saat mendengarkan musik atau menonton video. Cara ini bisa menghilangkan kejenuhan, atau menghindar dari kebisingan yang membuat kita stress. Tapi perlu diketahui, menggunakan headset ada batasnya.

Jangan seperti yang baru-baru ini dialami seorang wanita berusia 28 tahun asal China. Akibat dari penggunaan headset selama berjam-jam, dia lantas mengalami tuli mendadak. Melansir World Of Buzz, Xiao Jing dari Taiwan terbiasa menonton serial drama untuk menghilangkan stres sepulang bekerja setiap hari.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan kebiasaannya tersebut. Apalagi, menyaksikan serial drama untuk melepas penat selepas bekerja justru disarankan. Hanya saja, yang salah adalah kebiasaannya selalu menggunakan headset setiap kali menonton drama.

Sampai suatu hari, tiba-tiba wanita tersebut menyadari bahwa ada yang salah dengan salah satu telinganya. Awalnya dia mengira headset yang ia pakai sudah rusak, namun setelah mencoba mengganti headset dengan yang baru, ternyata hal yang sama masih terjadi.

Barulah wanita tersebut sadar bahwa yang salah adalah telinganya, bukan headset yang biasa dia gunakan. Alhasil, Xiao Jing langsung pergi ke Rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Setelah mencari perawatan medis, dokter mengatakan kalau ia mengalami ‘tuli mendadak’.

Akhirnya ia dirawat dengan steroid dan terapi oksigen hiperbarik (HBOT), Xiao Jing mendapatkan kembali 80% pendengarannya di telinga kiri dan telah kembali ke rutinitas sehari-harinya dengan normal. Adapun, pihak dokter yang menangani kasus ini belum menemukan penyebab pasti dari tuli mendadak yang dialami wanita tersebut.

Yang jelas, jika kasus serupa terjadi, maka orang tersebut harus segera mendapat perawatan medis paling lama tiga hari. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari resiko yang lebih berat. Selain mendapat perawatan, mereka juga harus beristirahat yang cukup.

Sebelumnya, dikatakan dr Linda Herliana, SpTHT-KL, MKes dari RS Permata Depok, sebuah literatur menyebutkan ratio 60 : 60. Artinya pemakaian tidak lebih dari 60 persen volume suara dan tidak lebih dari 60 menit setiap pemakaian.

Karenanya, kurangi kebiasaan menggunakan headset terlalu lama, atau kurangi volume ponsel anda setiap kali menggunakan headset.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *