Wednesday, 28/10/2020 | 6:11 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kaki Bengkak Bisa Jadi Tanda Idap Penyakit Jantung

Wanita hamil biasanya mengalami gejala kaki bengkak pada periode tertentu, namun bisa dikatakan itu adalah gejala yang wajar menimpa mereka. Lantas, bagaimana jika seseorang yang normal kemudian mengalami gejala kaki bengkak ?

Terkadang orang meremehkan gejala tersebut, karena selain tidak terasa sakit, kaki yang bengkak juga tidak terlalu mengganggu penampilan dan aktivitas. Akan tetapi, kaki bengkak harus tetap diwaspadai, karena faktanya itu adalah satu gejala adanya masalah pada jantung kita.

Salah seorang spesialis jantung, dr Vito A. Damay, SpJP menerangkan bahwa Kaki bengkak bisa terjadi karena kondisi jantung yang melemah. Karena lemahnya jantung, dia kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh. Alhasil, darah yang tidak terpompa dengan baik menumpuk di bagian paling bawah tubuh, Kaki.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat kaki tampak terlihat bengkak. Ciri kaki bengkak karena masalah jantung ini bisa dilihat dari apakah seseorang memiliki faktor risiko seperti hipertensi atau punya sejarah penyakit jantung.

Di samping itu, orang yang mengalami kaki bengkak dalam jangka waktu lama juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada jantung mereka.

“Apakah orang yang kakinya bengkak karena gangguan bengkak jantung atau lemah jantung? Belum tentu. Tapi memang kalau orang punya gangguan jantung lama, bengkak lama, dulu hipertensi sekarang enggak hipertensi, dulunya jantungnya membesar, kita lihat tuh biasanya kakinya membesar,” kata dr Vito lewat video di Channel Youtubenya.

Karenanya, dia meminta kepada orang-orang yang merasakan gejala kaki bengkak untuk tanpa ragu memeriksanya ke Rumah sakit atau dokter spesialis. Akan dilakukan USG Jantung untuk memastikan hal tersebut. Jika tidak, dicemaskan dampaknya akan lebih membahayakan.

“Tapi ingat tidak semua orang yang kaki bengkak itu punya gangguan jantung. Harus dilihat dulu kakinya seperti apa nih dan apa pemeriksaan yang harus dilakukan. Karena contohnya penyakit lain adalah penyakit katup vena atau varises atau insufisiensi vena kronis itu menyebabkan kaki bengkak juga,” pungkasnya.

Sedangkan kaki bengkak pada wanita hamil memang bisa terjadi, biasanya saat usia kandungan memasuki trimester kedua sampai trimester ketiga.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *