Wednesday, 28/10/2020 | 2:27 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Istirahatkan Mata Setelah Berjam-Jam Nonton Drama Korea

Serial Drama Korea memang selalu menarik untuk ditonton. Kebanyakan kaum wanita bahkan rela menghabiskan banyak kuota demi streaming drama kesayangan mereka. Hanya saja, rata-rata fans drakor (drama Korea), enggan menunggu episode baru.

Kebanyakan mereka akan menunggu sampai beberapa episode muncul, barulah menontonnya secara maraton alias terus-menerus. Alhasil, mereka akan menghabiskan waktu sampai berjam-jam lamanya untuk menyaksikan drama korea.

Padahal, hal tersebut sangat tidak baik karena mata kita juga bisa lelah dan butuh waktu untuk beristirahat. Jika dipaksa, bisa fatal akibatnya.

Nah, jika sudah muncul tanda-tanda seperti mata merah dan perih, lebih baik istirahatkan hentikan sementara aktivitas tersebut. Istirahatkan dulu mata kita sebelum lanjut menyaksikan kelanjutan adegan serial drama tersebut.

Spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Elvioza SpM(K), baru-baru ini memberikan beberapa tips untuk mengistirahatkan mata setelah berjam-jam menyaksikan drama korea.

“Melihat jauh lebih dari 6 meter dan melihat pemandangan yang hijau,” Demikian kata Dr Elvioza SpM(K).

Warna hijau berfungsi untuk membuat mata kita terasa lebih nyaman. Bahkan, Beberapa ilmuwan juga percaya mata berada di puncak persepsi untuk mendeteksi panjang gelombang yang membuat sistem saraf dapat lebih rileks ketika melihat warna hijau secara terus menerus.

Di samping itu, kita juga harus memperhatikan waktu yang terlewati saat menikmati tayangan favoritmu. Meski tidak menimbulkan efek jangka panjang, tapi alangkah baiknya kita mengistirahatkan mata kita setelah lima jam lebih menonton Drakor kesayangan.

“Yang penting selang waktu istirahatnya. Kalau lihat satu dua jam, istirahat dulu. Kalau ada waktu istirahat gunakan sebaik-baiknya, jangan lihat gadget lagi,” paparnya.

Selain melihat objek yang jauh dan warna hijau, tidur adalah salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan mata. Pasalnya selama tidur, mata akan memperbaiki fungsinya sendiri. Jadi, sebaiknya hindari nonton drakor sampai begadang larut malam.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A adalah salah satu caranya. Buah seperti Tomat, Wortel dan Strawberry mengandung banyak vitamin A. Juga ada sayuran seperti Brokoli dan Kol.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *