Wednesday, 25/11/2020 | 10:00 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Bahaya Rokok dan Vape Untuk Anak-Anak

Kebiasaan merokok harus dihindari, dan bagi anda yang sudah memiliki kebiasaan ini, baiknya dihentikan. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. Lantas bagaimana dengan Vape ?

Rokok Elektrik atau sering disebut dengan istilah Vape memang mengandung tembakau layaknya Rokok, namun efek atau dampak yang dihasilkan sama negatifnya dengan rokok Konvensional.

Di kalangan masyarakat Indonesia sendiri, Rokok Konvensional dan Rokok Elektrik atau Vape tergolong cukup populer. Banyak orang yang masih tetap melakukan kebiasaan buruk tersebut, kendati sudah ada peringatan keras dari Departemen Kesehatan.

Ironisnya, mereka yang memiliki kebiasaan buruk ini tidak hanya dari kalangan orang dewasa, remaja sampai anak-anak juga ikut memiliki kebiasan buruk ini. Padahal, bagi anak-anak resiko dari kebiasaan ini lebih tinggi.

Lisda Sundari, ketua dari Yayasan Lentera Anak bahkan menjelaskan bahwa mengonsumsi rokok dan vape secara rutin bisa meningkatkan risiko kanker bagi kalangan anak-anak. Pasalnya , mereka sedang berada dalam usia yang produktif.

“Jadi kalau anak-anak sudah merokok dan vape, nanti pada usia produktif dia akan jadi orang yang sakit-sakitan, dan kita tidak bisa produktif lagi akhirnya,” jelasnya, Rabu (12/2/2020).

Drs Hendra Jamal’s, Msi selaku Deputi perkembangan anak pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), juga menjelaskan bahwa baik rokok maupun vape tidak ada yang lebih sehat.

Kedua kebiasaan tersebut sama-sama membawa dampak yang buruk. Bahkan, beberapa jenis Vape yang diklaim berasal dari bahan Herbal juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

“Semuanya itu bisa menyebabkan penyakit. Nggak ada yang bagus, mau vape dibilang dari herbal bisa bikin sehat itu nggak ada, bohong semua. Itu hanya kata-kata pujangganya industri,” pungkas Hendra.

Rokok Konvensional memang sudah sejak dulu terbukti tidak menyehatkan. Beberapa resiko yang bisa dihadirkan Rokok Konvensional adalah Kanker Paru-Paru, Kanker Tenggorokan, Liver, Gangguan kehamilan dan janin bagi kaum wanita.

Sedangkan Vape atau Rokok Elektrik yang baru muncul beberapa tahun belakangan memang belum tampak jelas memberikan dampak buruk. Namun sudah ditemukan banyak kasus kesehatan karena kebiasan Vaping ini.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *