Saturday, 31/10/2020 | 1:42 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

4 Alasan Kenapa Harus Beralih ke Mobil Listrik

Mobil Listrik tak ubahnya kini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat dunia. Banyak negara-negara Eropa yang sudah menyediakan tempat pengisian daya untuk mobil listrik di hampir setiap sudut kota, terlebih di mall-mall besar.

Meski memang tergolong sebagai inovasi yang baru naik daun, faktanya Mobil Listrik diketahui cukup aman untuk dikendarai. Hanya saja, beberapa orang masih belum yakin dengan inovasi ini. Jika kamu salah satunya, perlu diketahui empat alasan kenapa kamu harus beralih ke Mobil Listrik.

1. Mengurangi Polusi Udara

Polusi Udara kini sudah berada di tahap yang ‘ironis’. Banyak negara yang mulai sadar dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Faktanya, polusi udara terbanyak disumbangkan oleh Asap hasil pembakaran kendaraan, entah itu motor maupun mobil.

Dengan Mobil Listrik, maka tidak ada Asap karena tidak ada proses pembakaran. Hal ini jelas mendukung gagasan untuk melestarikan lingkungan hidup dengan mengurangi polusi udara.

2. Mengurangi Biaya Perawatan

Kendaraan non-listrik faktanya menggunakan komponen dalam jumlah yang banyak, dari 5000 sampai 12000 Komponen dalam satu kendaraan. Sedangkan Mobil listrik hanya memerlukan 700-1.200 komponen. Dengan demikian, orang-orang tidak perlu dipusingkan dengan biaya perawatan. Semakin sedikit komponen, maka semakin sedikit juga biaya perawatan yang dibutuhkan.

3. Mengurangi Pengeluaran Bahan Bakar

Kemudian alasan ketiga, dengan mobil listrik, pemiliknya bisa lebih menghemat uang. Di beberapa negara, pemerintahnya mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan memberikan insentif. Selain itu, pengeluaran penggunaan mobil listrik lebih murah ketimbang membeli bensin.

Apalagi, pemerintah sedang gencar menaikkan harga bahan bakar dan mengurangi subsidi bagi mereka yang kurang mampu.

4. Dapat perlakuan Spesial

Yang terakhir adalah para pengguna mobil akan mendapat perlakuan ‘Spesial’. Mereka para pemilik mobil listrik akan mendapatkan insentif non-fiskal. Misalnya kemudahan parkir bahkan bebas pembatasan kendaraan seperti ganjil genap.

Perlakuan spesial ini diterapkan Pemerintah lantaran penggunaan mobil listrik sangat bisa mengurangi polusi udara. Bebas polusi udara berarti lingkungan sehat, para pengguna jalan pun akan lebih sehat. Jadi, sudah saatnya beralih menggunakan Mobil Listrik.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *