Wednesday, 28/10/2020 | 2:36 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Dampak Salah Pasang Kontak Lens, Bisa Buta !

Ketika mata sedang bermasalah entah itu minus atau plus, penggunaan kaca mata adalah solusi yang bagus. Hanya saja, pada acara tertentu, penggunaan kaca mata mengganggu penampilan kita. Karenanya, tidak sedikit yang beralih menggunakan kontak lens atau disebut softlens.

Softlens atau lensa kontak menjadi alternatif pilihan untuk membantu penglihatan. Selain fungsi utamanya tersebut, Softlens juga sering digunakan untuk memperindah tampilan mata, karena ada banyak varian warna dan jenis yang beredar di pasar.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa penggunaan kontak lens terlalu lama atau terlalu sering juga bisa berdampak fatal. Bahkan, jika tidak hati-hati dalam penggunaanya kontak lens dapat menyebabkan masalah bola mata. Yang terparah adalah kebutaan !

Hal ini dibenarkan oleh Dr Dion Oscar, SpM. Selaku spesialis mata dalam sebuah acara televisi pekan lalu.

“Lensa kontak akan selalu ada masa kedaluwarsanya dan dampak pada mata jika digunakan yang kedaluwarsa bisa memicu iritasi dengan gejala seperti mata merah, perih dan penglihatan buram. Bisa kebutaan jika tidak mengatasi segera,” ujar spesialis mata, dr Dion Oscar, SpM.

Faktanya juga, tidak semua orang bisa menggunakan kontak lens. Dalam beberapa kasus, mereka yang punya mata kering tidak disarankan menggunakan softlens atau kontak lens. Selain itu, penggunaan kontak lens dalam sebuah penerbangan juga sebaiknya dihindari.

“Pada saat tidur kan sirkulasi oksigen terganggu ditambah ada lensa kontak membuat oksigen ke kornea mengalami gangguan jadi tidak boleh dipakai saat tidur. Lalu, lensa kontak jangan dipakai saat terbang, kelembapan pesawat 10 persen lebih rendah dan udara lebih kering,” katanya.

Tapi, jika memang harus menggunakan kontak lens, disarankan tetap menjaga kelembaban mata dengan cairan khusus. Tidak boleh menggunakan air biasa, meski bersih karena kemungkinan juga mengandung bakteri.

“Air walau bersih tapi takut ada bakteri, kalau dipakai berisiko menempel di lensa dan membuat iritasi. Kalau iritasi, bisa juga berisiko membuat kornea lecet dan jadi cacat permanen,” katanya.

Jadi, kenali dampak negatif dari kebiasaan menggunakan kontak lens. Tidak ada larangan, hanya saja sebaiknya dibatasi penggunaannya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *