Thursday, 22/10/2020 | 6:10 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Buah Mengkudu Rasanya Pahit, Tapi Khasiatnya Sangat Manis

Yang kita kenal, buah mengkudu adalah salah satu jenis buah yang rasanya sangat pahit. Bahkan, karena tingkat kepahitannya yang tinggi itu, sangat jarang orang yang mau mengkonsumsi buah ini. Padahal, khasiat dari buah yang satu ini sangatlah ‘manis’.

Ya, Buah mengkudu punya segudang manfaat untuk tubuh kita, termasuk diantaranya lima manfaat berikut ini.

1. Kanker

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil 6-8 gram buah mengkudu setiap hari dapat meningkatkan fungsi fisik, kelelahan, dan rasa sakit pada pengidap kanker stadium lanjut. Namun, buah mengkudu tampaknya tidak mengurangi ukuran tumor.

2. Kerusakan Tulang Belakang Terkait Usia (spondylosis serviks)

Para lansia biasanya mengalami beberapa gejala penyakit tulang, terutama kerusakan tulang belakang. Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan tulang sejak awal. Caranya termasuk dengan meminum jus buah mengkudu.

Faktannya, olahraga saja dapat membuat leher terasa nyeri, dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu, rasa nyeri tidak akan muncul.

3. Atasi Mual

Setelah menjalani operasi, biasanya perut akan terasa mual, bahkan tidak sedikit juga yang mengalami muntah-muntah. Nah, meminum jus buah mengkudu bisa mengurangi rasa mual yang ada, sehingga dapat mengurangi frekuensi muntah.

4. Tekanan Darah Tinggi

Anda menderita tekanan darah tinggi ? Selain memakan mentimun segar, meminum jus buah mengkudu juga terbukti sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah anda. Asal diminum secara rutin, paling tidak empat kali dalam sebulan.

5. Menurunkan Gula Darah pada Pengidap Diabetes

Kandungan dalam buah mengkudu sangat beragam, termasuk salah satunya antioksidan. Bahkan, buah mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi. Fungsi dari antioksidan adalah menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Para peneliti menduga bahwa manfaat kesehatan potensial dari jus buah mengkudu kemungkinan terkait dengan kuatnya sifat antioksidan. Kandungan antioksidan utama dalam buah mengkudu termasuk beta karoten, iridoid, dan vitamin C, dan E.

Diet dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan antioksidan seperti buah mengkudu faktanya dapat menurunkan gula darah dalam tubuh. Karenanya, buah yang satu ini wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes, atau yang ingin terhindar dari penyakit tersebut.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *