Wednesday, 25/11/2020 | 10:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Sering Tahan Buang Air Kecil Bisa Sebabkan Penyakit ini

Buang Air Kecil, atau bahasa kasarnya adalah kencing, merupakan sebuah proses pembuangan cairan tak baik dalam tubuh melalui alat kelamin. Air Kencing atau Urine mengandung zat, bakteri dan virus berbahaya sehingga tidak diproses oleh ginjal dan dibuang.

Karena itu, sangat penting untuk tetap buang air kecil dalam satu hari. Namun, terkadang orang malas hanya sekedar pergi ke toilet untuk buang air. Alhasil, mereka rela menahan rasa ingin buang air kecil tersebut.

Padahal, kebiasaan menahan kencing sangatlah berbahaya. Sebagaimana dilansit The Times of India, berikut beberapa penyakit yang bisa diakibatkan oleh kebiasaan menahan kencing.

1. Inkonsisten urine

Jika tidak teratur buang air kecil, kandung kemih bisa mengalami atrofi atau melemah. Akibatnya, kamu bisa mengalami inkonsisten urine hingga menyebabkan kebocoran urine yang tidak disengaja.

2. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih atau ISK bisa membuat penderitanya merasakan sensasi terbakar saat buat air kecil, urine tidak berwarna atau urine berdarah, dan nyeri di bagian perut bawah. Penyebabnya adalah karena sering menahan buang air kecil yang membuat bakteri berkembang biak sehingga terjadi infeksi.

Selain itu, ISK juga bisa disebabkan oleh jarang meminum air putih. Jika sudah menderita ISK, sebaiknya langsung pergi ke Dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Kandung kemih meregang

Kandung kemih faktanya bisa meregang, salah satu penyebabnya adalah karena sering menahan buang air kecil. Saat kondisi ini terjadi, maka praktis kita akan kesulitan untuk buang air kecil. Akan ada rasa buang air kecil yang terus-menerus tapi urine yang keluar tidak konsisten.

Gejala ini biasanya dibarengi dengan rasa sakit atau perih pada bagian ujung alat kelamin.

4. Retensi urine

Intensitas buang air kecil yang tidak teratur bisa menyebabkan retensi urine. Itu adalah kondisi kandung kemih yang tidak bisa mengosongkan seluruh aliran urine yang ada di tubuh secara bebas lewat kandung kemih dan uretra.

Itulah deretan penyakit yang bisa ditimbulkan jika sering mengabaikan rasa ingin buang air kecil. Karenanya, tinggalkan kebiasaan buruk tersebut demi hidup yang lebih sehat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *