Friday, 30/10/2020 | 5:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kenali Beda Posisi Sakit Ginjal dengan Sakit Punggung

 

Tanggal 12 Maret atau hari ini, merupakan hari Ginjal Sedunia. Nah, seiring dengan hari tersebut rasanya kita memang perlu mengetahui apa perbedaan Sakit Ginjal dengan sakit punggung biasa.

Pasalnya, posisi ginjal yang berada di punggung dan di bawah tulang rusuk, sehingga banyak orang sulit membedakan apakah itu sakit yang berasal dari ginjal atau dari otot punggung.

Menurut Healthline, sakit ginjal biasanya akan dirasakan di daerah panggul, yaitu area di kedua sisi tulang belakang, tepatnya antara bagian bawah tulang rusuk dan pinggul. Umumnya memang terjadi di satu sisi saja, tapi dalam beberapa kasus sakitnya dirasakan di keuda sisi.

Jika kamu memang mengalami batu ginjal, maka rasa nyeri yang muncul biasanya lebih tajam. Selain itu, sakitnya akan semakin parah jika melakukan pergerakan yang melibatkan area tersebut. Sakit Ginjal juga biasanya merambat ke bagian paha dan perut bagian bawah, seperti nyeri.

Selain itu, efek samping yang ditimbulkan dari sakit ginjal antara lain demam, kedinginan, mual, muntah, urin keruh atau gelap dan kadang mengandung darah, semakin sering buang air kecil dengan rasa sakit, serta batu ginjal kecil terlihat seperti kerikil pada urin.

Sedangkan untuk kasus Nyeri Punggung biasa, umumnya disebabkan oleh otot, tulang atau saraf yang ada di daerah punggung memang sedang bermasalah. Lokasinya memang bisa di mana saja, tapi sering ditemukan bagian punggung bawah.

Jika yang bermasalah adalah saraf, entah itu iritasi atau terluka, maka rasanya seperti terbakar pada daerah punggung dan menjalar sampai ke kaki. Namun nyeri punggung tak akan bertambah parah apabila melakukan pergerakan tubuh.

Gejala lain yang ditimbulkan oleh nyeri punggung antara lain adalah kejang otot di daerah yang sakit, serta mati rasa atau lemah pada salah satu atau kedua kaki.

Nah, demikianlah perbedaan sakit ginjal dan sakit punggung. Jika kamu merasakan gejala sakit ginjal, lebih baik segera periksakan ke Dokter. Tapi jika nyeri punggung biasa, pergilah ke tukang pijat professional agar mendapat penangangan yang tepat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *